nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ODP dan PDP di Kuningan Jalani Rapid Test Corona

Fathnur Rohman, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 03:06 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 28 525 2190237 odp-dan-pdp-di-kuningan-jalani-rapid-test-corona-fn9JpzxRF5.jpg Ilustrasi. (Foto : Shutterstock)

KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan mulai memeriksa orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus corona (Covid-19) di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menggunakan alat rapid test pada Jumat (27/3/2020).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Susi Lusiyanti mengatakan, sebanyak 75 ODP dan pasien dalam pengawasan (PDP) menjalani rapid test virus corona.

"Hari ini kita melakukan rapid test bagi ODP dan PDP. Ada sekitar 75 orang yang kita cek," kata Susi saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (27/3/2020).

Ia juga menyampaikan, tes tersebut akan dilanjut pada hari Senin 30 Maret 2020. Susi mengaku, Pemerintah Kabupaten Kuningan menerima sekira 150 alat rapid test. Sekitar 75 alat ini sudah dipakai untuk mengetes 75 ODP dan PDP hari ini.

"Kita baru dapat 150. Terpakai 75. Senin akan dilakukan tes lagi bagi 75 ODP," ujar Susi.

Petugas semprotkan disinfektan ke jalanan Kota Bogor untuk mencegah penyebaran corona, Selasa (24/3/2020). (Ist)

Ia menerangkan, Pemkab Kuningan sudah berupaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19, seperti dengan memperluas area penyemprotan disinfektan serta mendata warga pendatang.

"Penyemprotan kami perluas. Pendataan pendatang di semua Puskesmas dilakukan," tutur Susi.

Susi mengimbau masyarakat di Kuningan selalu waspada terkait virus corona dan mematuhi kebijakan pemerintah, yakni menerapkan physical distancing, serta tetap berada di dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga : Wakil Ketua DPD PDIP Jabar Gatot Tjahjono Meninggal

Selain itu, ia mengimbau masyarakat melakukan pencegahan dini sehingga tidak tertular virus corona. Hal itu dilakukan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker apabila sedang sakit, serta menjauhi kerumunan.

Baca Juga : Wakil Wali Kota Bandung Sembuh dari Corona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini