Masuk-Keluar Cirebon Diperketat Selama Pandemi Covid-19

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 08 April 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 525 2196305 masuk-keluar-cirebon-diperketat-selama-pandemi-covid-19-AMAnlR3it0.JPG Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis (Foto : Okezone.com/Fathnur)

CIREBON - Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengintruksikan, agar pengawasan dan pendataan terhadap orang yang datang maupun keluar dari Kota Cirebon, Jawa Barat dilakukan secara ketat. Hal ini sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Azis mengatakan, pengawasan terhadap para pendatang ini harus dilakukan oleh pejabat di tingkat kecamatan, kelurahan, RT ataupun RW, serta petugas puskesmas setempat. Menurutnya, langkah ini sangat tepat untuk menghambat terjadinya penularan Covid-19 di Kota Cirebon.

"Saya Wali Kota Cirebon mengintruksikan kepada seluruh pejabat RT, RW, kelurahan, kecamatan, dan puskesmas untuk bahu membahu menjaga daerahnya dari ganasnya penyebaran virus corona ini," kata Azis dalam keterangan yang diterima Okezone, Rabu (8/4/2020).

Dijelaskan Azis, para pejabat tersebut harus melakukan pendataan terhadap siapa saja orang yang masuk ataupun keluar dari Kota Cirebon. Ia mengaku tujuan dari adanya pengawasan itu tidak lain untuk melindungi warganya. Sebab, peta sebaran virus corona sudah meluas.

"Pemerintah Kota Cirebon sangat mengandalkan peran serta dari pejabat-pejabat tersebut untuk berupaya mendata orang yang datang dari luar Kota Cirebon, maupun keluar dari Kota Cirebon," ujar Azis.

Di sisi lain, ia sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan APD, yang selama ini diberikan oleh berbagai pihak kepada tenaga medis di Kota Cirebon.

Baca Juga : Ridwan Kamil Bersama 13 Rektor Cari Solusi Penanganan Covid-19

Azis menyampaikan, segala bentuk pencegahan telah dilakukan Pemda Kota Cirebon untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Ia berharap masyarakat bisa ikut serta dalam upaya-upaya tersebut.

"Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam menangani Covid-19. Pemda Kota Cirebon semakin siap dan mampu menangani Covid-19 karena banyaknya kepedulian dan dukungan dari masyarakat," tutur Azis.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini