4 Orang Jadi Korban Kerusuhan Napi di Lapas Tuminting Manado

Subhan Sabu, Okezone · Sabtu 11 April 2020 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 340 2197736 4-orang-jadi-korban-kerusuhan-napi-di-lapas-tuminting-manado-iFSGdPlo7r.jpg (Foto: Okezone.com/Subhan Sabu)

MANADO - Tiga orang digotong dari dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tuminting, Manado usai terjadi aksi peyerbuan oleh aparat berwajib ke dalam lapas. Sebelumnya napi membuat kerusuhan sehingga menyebabkan kebakaran lapas.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, korban yang digotong adalah, seorang anggota polisi yang terkena gas airmata, seorang sipir yang tekena lemparan batu di kepala, serta seorang tahanan.

Selain ketiga orang tersebut, sebelumnya salah seorang warga binaan mendapat luka tembak di bagian dada sebelah kanan saat kerusuhan berlangsung.

(Foto: Okezone.com/Subhan Sabu)

Tindakan persuasif yang dilakukan oleh aparat kepolisian tidak mendapatkan hasil. Yang ada malah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Manado semakin anarkis dengan terus melakukan perusakan, pembakaran dan pelemparan batu. 

Baca juga: Lapas Tuminting Manado Rusuh, Ditjen PAS: Belum Ada Info Napi Kabur

"Kami lakukan tindakan tegas terukur. Kami masuk sesuai dengan SOP. Kamu lakukan beberapa tindakan yang ada seperti melakukan imbauan-imbauan," kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abas, Sabtu (11/4/2020).

Namun menurut dia, meski sudah diminta untuk bersabar dan menenangkan diri agar kembali ke blok masing-masing, warga binaan masih terus melakukan perlawanan.

"Karena warga binaan masih merangsek maju sehingga kami lakukan tindakan penceraiberaian dan mendorong mereka masuk ke dalam blok masing-masing," pungkas Kabid Humas.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini