Tangkal Hoaks, PBB Akan Banjiri Internet dengan Informasi COVID-19

Agregasi VOA, · Rabu 15 April 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 15 18 2199495 tangkal-hoaks-pbb-akan-banjiri-internet-dengan-informasi-covid-19-HhvvQuDw5M.jpg ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa (PBB) akan membanjiri internet dan media sosial dengan fakta-fakta dan keteranga ilmiah tentang virus corona (COVID-19) untuk melawan apa yang disebut sebagai “epidemi disinformasi berbahaya” tentang pandemi tersebut, hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Dilaporkan VOA, Gutteres mengatakan sejumlah besar kebohongan tentang penyakit yang disebabkan virus itu penuh dengan “nasihat kesehatan yang buruk, kebohongan, teori konspirasi dan menawarkan obat-obatan yang tidak ada landasan ilmiahnya.”

Dia menyebut semua informasi itu sebagai “racun yang membahayakan nyawa”. Ia juga menentang orang-orang yang “menstigmatisasi dan menjelek-jelekkan orang atau kelompok masyarakat” lain karena adanya pandemi virus corona ini.

Sekjen PBB itu mengucapkan terima kasih kepada wartawan dan para pengecek fakta yang membantah “timbunan kisah bohong dan unggahan di medsos.”

“Marilah kita bersama-sama menolak kebohongan dan segala omog kosong, karena dengan menggunakan akal sehat dan fakta-fakta kita akan bisa mengalahkan covid-19,” tambahnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini