Share

Seperti Inilah Rumah Termahal di Dunia Milik Putra Mahkota Arab Saudi

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 21 April 2020 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 21 18 2202464 seperti-inilah-rumah-termahal-di-dunia-milik-putra-mahkota-arab-saudi-3aEXuPoOAG.jpg Foto: Stepfeed.

VERSAILLES - Sebuah rumah dengan model kastel Prancis abad ke-17 di Louveciennes, dekat Versailles, Prancis menjadi rumah termahal di dunia saat dibeli Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman atau MbS seharga hampir USD300 juta (sekira Rp4,685 triliun) pada 2015, sekarang dilaporkan siap ditinggali. 

Diwartakan New York Times, Chateau Louis XIV yang memiliki luas 50.000 hektar itu dibangun oleh Emad Khashoggi, keponakan dari pedagang senjata Adnan Khashoggi, setelah meratakan sebuah kastel abad ke-19 di Louveciennes, pada 2009.

Rumah itu dibangun agar tampak seolah dibangun pada masa ketika kastel Versailles dibangun, tetapi dihiasi dengan segala macam fasilitas modern, mulai dari air mancur, lampu, dan banyak fasilitas lainnya yang dapat dikendalikan dengan iPhone.

Mencakup 57 hektar, chateau itu memiliki gudang anggur yang dapat menampung 3.000 botol, pintu dan perlengkapan berlapis emas, lukisan dinding yang indah, dua ballroom, lapangan squash, bioskop, dan dua kolam renang, di luar dan di dalam ruangan. Bangunan itu bahkan dilengkapi klub malam bawah tanah dipenuhi dengan karya seni tak ternilai dari koleksi pribadi Putra Mahkota.

Menurut The Sun, Chateau Louis XIV juga memiliki sebuah ruang meditasi bawah air yang luar biasa di dalamnya. Ruang itu menampilkan ruang bawah laut transparan dengan ikan-ikan berenang di atasnya.

Patung Louis XIV yang terbuat dari marmer Carrara ditempatkan di halamannya, seakan mengawasi bangunan itu. 

"Idenya norak, tetapi sekali Anda mengunjunginya, itu tidak (norak)," kata Marianne Merlino, yang menjabat sebagai wakil wali kota Louveciennes selama bangunan itu dibangun, kepada New York Times.

"Seperti Versailles, itu sangat berlebihan, dan seperti Louis XIV, dia mencapai sesuatu yang sangat luar biasa."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini