Mulai 25 April Bandara Sepinggan Balikpapan Tidak Layani Penerbangan Penumpang

Amir Sarifudin , Okezone · Jum'at 24 April 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 24 340 2204298 mulai-25-april-bandara-sepinggan-balikpapan-tidak-layani-penerbangan-penumpang-1KqwOA0a6I.jpg Bandara Sepinggan Balikpapan. (Foto : Okezone.com/Amir Sarifudin)

BALIKPAPAN – Bandara Sepinggan Balikpapan di bawah pengelolaan Angkasa Pura I akan menghentikan operasional bandara untuk penerbangan komersial khususnya penumpang mulai 25 April 2020 hingga 1 Juni 2020.

Hal ini sesuai dengan Permenhub No 25 Tahun 2020 yang diterima seluruh bandara guna mencegah penyebaran Covid-19 melalui perpindahan manusia, termasuk saat arus mudik Lebaran 2020 yang kini telah dilarang pemerintah pusat.

General Manager AP I Balikpapan, Farid Indra Nugraha menegaskan, tidak ada penutupan operasional. Ia menyebutkan hanya melakukan pembatasan dan tidak lagi melayani komersial untuk penumpang hingga 1 Juni 2020.

“Yang masih melayani penerbangan kargo. Penerbangan kargo lebih besifat khusus sesuai kebutuhan masing-masing airlines. Jadi tidak berjadwal akan tetap dilayani bandara udara,” tuturnya, Jumat (24/4/2020).

Bandara Soekarno-Hatta (Ilustrasi/Dok Okezone.com)

Bagi penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket, jelas Farid, pihak maskapai telah berkoordinasi dengan bagian operasi. “Mereka sudah memberitahukan semua penumpang untuk melakukan cancel flight. Pertama dari kesepakatan bisa dilakukan reschedule, refund atau diganti poin atau voucher tergantung kebijakan dari airlines,” ujarnya.

Pihaknya juga sedang membuka posko pelayanan penumpang yang ingin mengembalikan tiket atau kegiatan lainya kepada masing-masing airlines.

“Bandara tetap buka bagi masyarakat menyelesaikan urusan dengan masing-masing airlines,” katanya.

Terkait nasib pekerja terdampak, menurutnya ada banyak perusahaan yang terlibat di Bandara dengan pola kerja berbeda. Farid memastikan tidak ada yang di-PHK, tapi hanya dirumahkan.

Baca Juga : Terminal Kampung Rambutan Setop Layani Angkutan AKAP hingga 31 Mei

“Misalnya Garuda, Lion penyelesaian berbeda. Ada juga groundhandling penyelesaian berbeda. Hampir sebagian di rumah dengan penggajian proporsional. Tidak ada pemutusan hubungan kerja dengan juga tenant-tenant stop operasi pegawainya dirumahkan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui Bandara Sepinggan Balikpapan pada hari normal sebelum wabah covid mampu melayani penerbangan hingga 85-90 kali penerbangan datang dan pergi dengan jumlah penumpang 8-9 ribu per hari.

Baca Juga : Tak Ada Penutupan Jalan di Tol Tangerang-Merak saat Larangan Mudik

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini