Ratusan Pedagang Sayur Keliling di Kota Jayapura Ikuti Rapid Test Covid-19

Edy Siswanto, Okezone · Kamis 30 April 2020 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 340 2207351 ratusan-pedagang-sayur-keliling-di-kota-jayapura-ikuti-rapid-test-covid-19-J7UsQ38YUe.jpg (Foto: Okezone.com/Edy Siswanto)

JAYAPURA - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura melakukan rapid test virus corona, terhadap ratusan pedagang sayur keliling di Kota Jayapura, Kamis (30/4/2020) pagi.

Pemeriksaan yang digelar di halaman Kantor Wali Kota Jayapura ini, sebagai tindak lanjut surat pemberitahuan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, atas petunjuk Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano.

Antrean para pedagang telah dimulai sejak pukul 07.30 WIT. Tes mulai dilakukan pukul 09.00 WIT oleh 4 tim medis.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Jayapura, Robert L.N. Awi mengatakan, Pemkot Jayapura mengundang dan menyerukan pedagang sayur keliling di Kota Jayapura untuk melakukan rapid test.

"Tujuannya untuk memberikan rasa aman bagi warga kota Jayapura yang menggunakan jasa mereka. Kami juga ingin pastikan mereka bersih dari virus ini," ujarnya.

Pedagang sayur keliling merupakan kelompok yang potensial untuk tertular dan menyebarkan virus tersebut."Makanya kami ambil langkah untuk memutus rantai penyebaran virus lewat pedagang keliling," ucapnya.

Baca juga: PSBB di Bogor, Warga Tidak Kenakan Masker Dihukum Push Up

Disampaikan juga, pedagang sayur keliling yang terdata di Disperindag Kota Jayapura berjumlah 400 orang. Mereka berkeliling di empat distrik Kota Jayapura.

"Tapi ini akhir-akhir ini jumlah mereka bertambah, tentu kami akan lakukan tes," ucapnya.

Dia juga mengimbau agar pedagang sayur yang mengikuti tes tetap menjaga jarak aman serta mengikuti instruksi Pemkot Jayapura.

Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

"Atas nama Pemerintah Kota Jayapura kami sampaikan terima kasih dan bagi yang belum hadir, kami harapkan segera datang dan lakukan tes karena langkah tegas akan kami lakukan setelah ini. Yang tidak mengikuti tes akan kami sweeping di lapangan," tegas Kadis Perindagkop Kota.

Pengurus Komunitas Warga Jember Korwil Jayapura yang juga koordinator pendataan pedagang sayur di Kota Jayapura, Taufiqurrahman mengatakan, para pedagang datang setelah mendapat selebaran untuk rapid test tadi pagi.

"Kami harapkan rapid test ini bisa memutus rantai penyebaran Covid 19 di Kota Jayapura, khususnya di kalangan pedagang sayur keliling," ucapnya.

Pihaknya berkomitmen untuk mendukung langkah Pemerintah dalam upaya memutus penyebaran Covid-19.

"Intinya kami pedagang sayur siap mengikuti tes dan siap mengikuti anjuran Pemerintah. Dan kalau begini enak semua, kami berjualan juga tenang, dan pembeli juga tenang. Kami apresiasi langkah pemerintah Kota Jayapura," pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini