Bantu Warga Terdampak Covid-19, Pemprov Sumut Gratiskan Air PDAM

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Kamis 30 April 2020 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 608 2207538 bantu-warga-terdampak-covid-19-pemprov-sumut-gratiskan-air-pdam-arnd4Cvqqa.jpg Ilustrasi air bersih. (Foto: Dok Okezone)

MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menggratiskan pembayaran rekening air bagi pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi yang terdampak corona virus disease (covid-19). Penggratisan dilakukan selama tiga bulan.

"Pemprov Sumut melalui PDAM Tirtanadi mengambil langkah-langkah untuk membantu masyarakat yang merasakan dampak ekonomi dari kondisi saat ini. Langkah yang dilakukan yakni membebaskan pembayaran rekening air minum selama tiga bulan ke depan," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Kamis (30/4/2020).

Sementara Direktur Utama PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri mengatakan pembebasan pembayaran rekening air minum diberlakukan mulai Mei, Juni, hingga Juli. Adapun kategori pelanggan yang masuk program penggratisan rekening air minum adalah pelanggan Rumah Tangga 1 (RT1).

"Kategori pelanggan RT1 ini merupakan masyarakat yang kita anggap rentan terdampak wabah covid-19 ini," ujar Trisno.

Info grafis virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

Selain itu, program penggratisan ini diberikan kepada kategori pelanggan sosial yang terdiri dari rumah ibadah, panti asuhan, panti jompo, dan yayasan yatim piatu termasuk puskesmas.

"Ini merupakan bentuk perhatian dan pelayanan yang kami lakukan kepada masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan juga bahwa untuk mencegah persebaran covid-19 di Sumut, PDAM telah melakukan upaya seperti menyediakan tabung-tabung air untuk keperluan cuci tangan di semua kecamatan Kota Medan dan beberapa daerah lain di Sumut.

"Kepedulian lain yang sudah dilakukan seperti membagikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan dan berada di sekitar kantor dan instalasi pengelolaan PDAM. Di samping itu, kita juga melakukan penyemprotan disinfektan terhadap gedung-gedung Kantor PDAM dan penyediaan alat pelindung diri seperti pembagian masker dan hand sanitizer," paparnya.

Ia menegaskan, langkah dan kebijakan yang dilakukan PDAM Tirtanadi merupakan wujud dari pelayanan BUMD di Sumut untuk melayani kebutuhan masyarakat.

"Semoga kebijakan ini benar-benar dapat membantu masyarakat, terutama pada kategori pelanggan yang digratiskan rekening air minumnya," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini