Tenaga Medis di Magetan Positif Corona, Tertular dari Santri Ponpes Temboro

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 02 Mei 2020 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 02 519 2208046 tenaga-medis-di-magetan-positif-corona-tertular-dari-santri-ponpes-temboro-B8TDdHOfay.jpg Ilustrasi tenaga medis menangani pasien covid-19. (Foto: Dok Okezone)

MAGETAN – Seorang tenaga medis di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dinyatakan positif terjangkit corona virus disease atau covid-19. Ia sebelumnya melakukan pengecekan kesehatan santri Pondok Pesantren Al Fattah di Desa Temboro, Magetan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Magetan Saif Muchlissun membenarkan kabar seorang tenaga medis tertular saat memeriksa santri Ponpes Al Fattah Temboro.

"Jadi terkonfirmasi positif covid-19 ini sebagai pasien ke-46 di Magetan. Yang bersangkutan merupakan tenaga medis," ungkap Muchlis melalui pesan singkat, Sabtu (2/5/2020).

"Yang bersangkutan melakukan pengecekan kesehatan santri sejak sebelum ada rapid test serentak pasca-disebut klaster baru sebaran corona oleh Malaysia kemarin," imbuhnya.

Pondok Pesantren Al Fattah di Desa Temboro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

Ia menerangkan, tenaga medis tersebut berinisial NS, berjenis kelamin laki-laki, usia 38 tahun, warga salah satu desa di Kecamatan Takeran Magetan. Dia tertular corona diduga setelah melakukan pengecekan kesehatan terhadap santri.

"Memang begitu beratnya beban pekerjaan, termasuk risiko yang harus dialami garda terdepan penanggulangan covid-19. Hari ini tenaga medis yang berjibaku dan bertugas di Temboro terpapar corona," jelasnya.

Saat ini NS, lanjut Muchlis, tenaga medis tersebut masih menjalani isolasi mandiri di rumah, namun rencananya akan dievakuasi ke RSUD dr Sayidiman Magetan.

Pihaknya meminta masyarakat Kabupaten Magetan untuk selalu melakukan physical distancing atau pembatasan fisik dengan menjaga jarak aman untuk terhindar dari virus corona.

"Untuk seluruh masyarakat Magetan agar senantiasa mengikuti protokol kesehatan di mana pun berada. Melakukan physical distancing atau jaga jarak aman. Di rumah saja, rajin cuci tangan, dan tetap wajib bermasker bila keluar rumah," paparnya.

Info grafis virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

Saat ini di Kabupaten Magetan dilaporkan ada 46 kasus dikonfirmasi positif corona. Di antaranya 30 merupakan santri Ponpes Al Fattah Temboro. Kini mereka menjalani isolasi di salah ruangan di pondok lantaran berstatus pasien tanpa gejala.

Kemudian ada 6 orang lainnya merupakan warga Magetan. Masing-masing 4 orang dirawat di RSUD dr Sayidiman Magetan, 1 di RSUD dr Soedono Madiun, dan 1 di RS Mempawah Kalimantan Barat.

Di samping itu, 9 pasien positif corona di Kabupaten Magetan dinyatakan sembuh dan 1 meninggal dunia.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini