Pengacara Ancam Lapor Komnas HAM jika Penangguhan Penahanan Ferdian Paleka Cs Ditolak

CDB Yudistira, Okezone · Selasa 12 Mei 2020 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 525 2212889 pengacara-ancam-lapor-komnas-ham-jika-penangguhan-penahanan-ferdian-paleka-cs-ditolak-a0PlH5NLmd.JPG Ferdian Paleka mengenakan rompi tahanan Polrestabes Bandung (Foto: CDB Yudistira)

BANDUNG - Kuasa hukum ketiga Youtuber yakni Ferdian Paleka, Aidil, dan Tubagus Fahddinar yang melakukan aksi prank terhadap para waria di Bandung, Jawa Barat mengancam akan melapor ke Komnas HAM, jika pengajuan penangguhan penahanan terhadap ketiga kliennya tak dikabulkan pihak kepolisian.

"Kalau memang upaya penahanan kita tidak dialihkan, kita tentu minta bantuan Komnas HAM, tapi kalau dikabulkan untuk apa kita perpanjang masalah lagi. Dikabulkan penangguhan dan pengalihan tahanan ya kita tindak. Kita kan juga bukan (ingin) memperkeruh masalah. Kita ingin silakan proses hukum tapi tidak di kepolisian," ucap kuasa hukum tersangka, Rohman Hidayat, saat dihubungi wartawan di Bandung, Selasa (12/5/2020).

Rohman mengaku, penangguhan penahanan yang diajukan setelah mempertimbangkan faktor keselamatan bagi ketiga kliennya.

Baca juga: Ferdian Paleka Di-Bully Tahanan, Komnas HAM: Pelaku Harus Dihukum!

"Pertimbangannya karena di kantor polisi juga kan tidak aman buat tersangka lebih baik di bawah perlindungan orangtuanya karena mereka juga belum menikah jadi alangkah baiknya diurus oleh keluarga," kata dia.

Ferdian Paleka

Seperti diketahui, Rohman resmi mengajukan penangguhan penahanan terhadap tiga pelaku prank sampah terhadap waria. Dirinya mendatangi Mapolrestabes Bandung, pada Senin 11 Mei 2020 kemarin untuk mengurus penangguhan penahanan itu.

Dirinya tak datang seorang diri, namun juga didampingi orangtua para tersangka. Mereka tiba Senin sore dan langsung menuju Gedung Satreskrim Polrestabes Bandung.

Menurut Rohman, alasan pihaknya mengajukan penangguhan penahanan ialah setelah melihat aksi perundungan terhadap tersangka oleh tahanan lain di dalam penjara.

"Selain itu, kita mengajukan penangguhan itu, memang hak tersangka untuk mengajukan apalagi dalam situasi Covid seperti ini juga. Ini mudah-mudahan segera bisa dialihkan penahanannya," tukasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini