Gelapkan Uang Kas Masjid, Marbot di Sleman Buat Laporan Palsu

Kuntadi, Koran SI · Senin 18 Mei 2020 15:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 18 510 2215931 gelapkan-uang-kas-masjid-marbot-di-sleman-buat-laporan-palsu-gUORaXSYWR.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

SLEMAN – Seorang marbot masjid di Kabupaten Sleman, YS (50) diamankan polisi karena membuat laporan palsu. Dia merekayasa kejadian sebenarnya untuk menghindari tanggung jawab atas penggunaan uang kas masjid.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Deni Irwansyah mengatakan, awalnya petugas mendapatkan laporan dari pelaku bahwa dia menjadi korban perampokan. Akibat aksi empat perampok, dia kehilangan uang tunai Rp7 juta. Uang tersebut merupakan uang kas masjid.

Dari laporan ini, petugas melakukan penyelidikan dan menemukan adanya kejanggalan. Polisi menindaklanjuti kasus tersebut dengan memanggil pelaku untuk dimintai keterangan.

“Anggota kami curiga dengan bajunya yang sobek tidak sinkron dengan luka yang dialami. Dari situlah kami lakukan pemeriksaan,” ujar Deni pada Senin (18/5/2020).

Pada awalnya pelaku mengelak dan tidak mengakui telah merekayasa kejadian. Namun dengan sejumlah alat bukti yang ditemukan dia tidak bisa mengelak.

Baca Juga: Marbot Masjid Terkejut Rumahnya Dikunjungi Presiden Jokowi

Pelaku kemudian mengakui uang tersebut dia pakai sendiri, bukan dirampok. “Jadi uang itu dia pakai sendiri, dan dia membuat laporan palsu untuk menutupi aksinya,” tutur Deni.

Uang kas masjid sudah dipakai oleh pelaku sejak tiga bulan untuk kepentingan pribadi. Namun dia tidak bisa mengembalikan uang tersebut. Karena kebingungan, pelaku kemudian mengarang cerita.

Untuk diketahui elaku sudah dipercaya menjadi marbot sejak 17 tahun lalu. “Ini masih kami dalami karena sebelumnya juga ada dua laporan dari pelaku,” ujarnya.

Baca Juga: 16 Imam dan Marbot Masjid di Balikpapan Diberhentikan Imbas Corona

Pelaku dijerat dengan Pasal 220 KUHP tentang laporan palsu. Ancaman hukumannya satu tahun empat bulan penjara. Polisi juga menyita barang bukti berupa baju dan pisau cuter yang dipakai untuk merobek bajunya.

(abp)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini