nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Virus Corona di Pusat Penahanan Migran Malaysia Meningkat

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 22 Mei 2020 14:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 22 18 2218010 kasus-virus-corona-di-pusat-penahanan-migran-malaysia-meningkat-EI2xL5EgOQ.jpg Pekerja migran di Malaysia. (Foto/Sarawak TV)

KUALA LUMPUR - Malaysia melaporkan 35 kasus virus corona di sebuah pusat penahanan imigrasi pada Kamis, 21 Me,i setelah pihak berwenang menangkap para migran yang tidak memiliki dokumen resmi. 

PBB meminta Malaysia untuk menghentikan penangakapn para imigran ilegal, yang disebut menyebarkan ketakutan di antara komunitas migran di ekonomi terbesar ketiga di Asia Tenggara. 

Pihak berwenang Malaysia telah menahan lebih dari 1.800 migran dalam setidaknya dua penggerebekan sebagai bagian dari upaya untuk menahan penyebaran virus corona. 

Mereka yang tertangkap ditahan di pusat-pusat penahanan yang penuh sesak. 

Kementerian Kesehatan Malaysia mengatakan ada 35 kasus yang dikonfirmasi di pusat penahanan imigrasi Bukit Jalil, yang terletak di pinggiran ibukota Kuala Lumpur, dari 645 orang yang ditahan di satu blok di pusat itu. 

"Sumber infeksi masih dalam penyelidikan, kita perlu menyelidiki secara rinci sebelum memberikan komentar," kata Direktur Jenderal kementerian Noor Hisham Abdullah mengutip Reuters, Jumat (22/5/2020). 

Noor Hisham mengatakan, 35 kasus positif yakni 17 orang dari Myanmar, 15 dari India dan sisanya dari Sri Lanka, Bangladesh dan Mesir. 

Mereka ditahan sebelum Malaysia memberlakukan pergerakan dan pembatasan bisnis pada 18 Maret, atau lockdown. 

Felipe Gonzalez Morales, Pelapor Khusus PBB untuk hak asasi migran mengatakan Rabu bahwa pendekatan Malaysia tidak membantu untuk mengekang pandemi virus corona. 

"Kampanye penindasan dan kebencian saat ini sangat merusak upaya untuk memerangi pandemi di negara ini," katanya. 

Virus corona di Malaysia telah menginfkesi 7.059 orang dan menyebabkan 114 kematian.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini