nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov Jatim Bagikan 43 Ventilator ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19

Syaiful Islam, Okezone · Jum'at 22 Mei 2020 11:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 05 22 519 2217911 pemprov-jatim-bagikan-43-ventilator-ke-rumah-sakit-rujukan-covid-19-dw5tZpze4J.jpg Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan ventilator ke rumah sakit rujukan (Foto : Okezone.com/Istimewa)

SURABAYA - Gubernur Jawa Timru atau Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan Pemprov Jatim menyalurkan 43 ventilator atau alat bantu pernafasan ke rumah sakit rujukan pasien covid-19. Ventilator tersebut merupakan bantuan dari para donatur.

Kepedulian para donatur itu sebagai bentuk kegotongroyongan para dermawan dalam menghadapi covid-19. Dengan adanya bantuan ventilator ini, diharapkan bisa merawat pasien covid-19 dengan lebih maksimal.

"Kemarin kita alhamdulillah telah mendistribusiakan 40 unit dan semuanya bantuan dari donatur. Hari ini tambah tiga saya menyerahkan pada pak Dokter Joni sebagai koordinator kuratif. Beliau paling tahu peta rumah sakit mana yang membutuhkan," papar Khofifah, Kamis 21 Mei 2020, malam.

Menurut Khofifah, rumah sakit rujukan untuk pasien covid-19 di Jatim berjumlah 99 unit. Hingga saat ini warga Jatim yang terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 2.942 orang. Lalu yang sembuh 413 orang, dan yang meninggal 258 orang, sementara sisanya masih dirawat.

Selanjutnya untuk yang PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 5.267 orang, dan yang ODP (orang dalam pemantauan) berjumlah 23.271 orang.

Salah satu donatur yang memberikan bantuan ventilator adalah Yayasan Rumah Kita. Yayasan ini memberikan 3 ventilator, Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju hazmat, facesield, masker dan lainnya.

Direktur Yayasan Rumah Kita, Andrianus menyatakan tenaga medis menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi Covid-19 dengan berbagai problem yang dihadapi. Seperti, gugurnya para tenaga kesehatan akibat Covid-19.

Baca Juga : Niat Hati Beli Baju Lebaran Anak, Copet Ini Malah Ditembak Polisi

"Kami menginisiasi dan menyemangati dengan memberikan dukungan berupa bantuan alat kesehatan di Jatim. Gerak bersama menjadi tema yang baik menangani persoalan Covid yang tidak terlihat bentuk wujudnya," papar Andrianus.

Hal ini hanya bisa ditangani dengan gerak bersama. Bukan digantungkan pada tenaga medis, tapi semua elemen. Seperti yang dikatakan Gubernur Jatim gotong royong melawan covid.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini