Mal dan Pertokoan Diminta Terapkan Protokol Kesehatan di Masa Transisi New Normal

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 02 Juni 2020 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 02 519 2223477 mal-dan-pertokoan-diminta-terapkan-protokol-kesehatan-di-masa-transisi-new-normal-iF6kKB3UPU.jpg Wali Kota Malang Sutiaji meninjau salah satu mal (Foto : Okezone.com/Avirista)

MALANG – Memasuki hari ketiga masa transisi new normal pasca penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sejumlah pusat perbelanjaan dan pertokoan mulai beroperasi normal dengan pemberlakuan protokol kesehatan.

Hal ini dibuktikan saat inspeksi mendadak (sidak) Walikota Malang Sutiaji bersama Kapolresta Malang Kota dan Dandim 0833 Kota Malang. Sidak yang dilakukan sejak Selasa siang (2/6/2020) hingga sore hari ini menyasar dua pusat perbelanjaan besar di kawasan Jalan Kawi dan sekitar Alun – Alun Kota Malang.

Dalam pantauan di lapangan misalnya, di Mall Olympic Garden (MOG), sejumlah toko–toko yang ada di dalam mal tersebut telah memenuhi protokol kesehatan yang diberlakukan. Pengunjung yang masuk mulai dilakukan pengecekan suhu tubuh, diminta mencuci tangan, mengenakan masker, hingga menjaga jarak selama berada di dalamnya.

Tak hanya itu beberapa petugas di pintu masuk dan sejumlah area tenant juga telah menggunakan face shield atau pelindung muka dan sarung tangan. Namun Walikota Malang Sutiaji tetap meminta para pelaku usaha memperhatikan protokol kesehatan bagi pekerjanya.

“Saya meminta kepada pengusaha untuk tetap memperhatikan karyawannya dalam penggunaan APD seperti sarung tangan, masker dan face shield saat bekerja serta melayani pelanggan; jika hal tersebut tidak diindahkan maka kami akan menutup usaha tersebut,” terang Sutiaji.

Baca Juga : PSBB Jakarta, Penumpang KRL Padat di Jam Pulang Kantor

Pria kelahiran Lamongan ini juga memperingatkan bila masyarakat dan para pelaku usaha masih belum melaksanakan protokol kesehatan, Pemkot Malang tak segan kembali memberlakukan PSBB putaran kedua. Oleh karenanya kebijakan masa transisi ini dievaluasi setelah berjalan selama tujuh hari.

"Saya berharap pola ini menjadi kebiasaan dan menumbuhkan kesadaran pada masyarakat bahwa kita hidup di masa tatanan baru, normal yang bukan lagi normal seperti dahulu namun normal yang berdampingan dengan Covid-19" pungkasnya.

Sebagai informasi tiga daerah di Malang raya diputuskan telah memasuki masa transisi new normal pasca PSBB berakhir pada Sabtu 30 Mei 2020.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini