Peselancar di Australia Tewas Diserang Hiu Sepanjang 3 Meter

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 08 Juni 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 18 2226208 peselancar-di-australia-tewas-diserang-hiu-sepanjang-3-meter-LW7BJV2q2q.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

SEEKOR hiu jenis Great White sebesar 3 meter telah menewaskan seorang peselancar di utara New South Wales, Australia. Menurut polisi negara bagian Australia, hiu itu menggigit kaki peselancar, berusia antara 50 dan 60, di lepas pantai Kingscliff sekira 800km utara Sydney.

Beberapa peselancar di sekitar lokasi berusaha membantu lelaki itu dengan melawan hiu, tetapi meskipun korban dibawa ke pantai, ia mati di sana karena luka-lukanya.

Ini adalah serangan hiu fatal ketiga di perairan Australia tahun ini.

Sydney Morning Herald melaporkan bahwa meskipun beberapa polisi bersenjata dikerahkan untuk menemukan hiu itu, mereka tidak dapat membunuhnya dan meninggalkan daerah itu setelah beberapa jam.

Polisi memiliki izin untuk membunuh hiu jika mereka dianggap sebagai ancaman bagi kehidupan manusia tetapi tidak ada tembakan yang ditembakkan dalam kasus ini.

Serangan itu terjadi di lepas Pantai Salt sekira pukul 10:00 waktu setempat pada Minggu (7/6/2020). Hiu itu menggigit paha pria itu, lalu mengelilingi mereka yang datang membantunya, dilaporkan menabrak salah satu papan selancar mereka.

Peselancar yang menurut laporan SMH berasal dari Gold Coast, meninggal sekitar pukul 10:40 waktu setempat.

"Dia diberikan pertolongan pertama untuk cedera serius pada kaki kirinya tetapi meninggal di tempat kejadian," demikian disampaikan polisi dalam salah satu pernyataan yang dilansir BBC, Senin (8/6/2020).

Paramedis Terry Savage memuji orang-orang yang membawa peselancar itu ke darat, dengan mengatakan: "Tidak ada yang heroik untuk membawanya ke pantai.

"Sayangnya tidak ada lagi yang bisa kami lakukan," katanya kepada ABC.

Orang-orang diperintahkan keluar dari air, dengan jet ski digunakan untuk membawa sebagian peselancar.

"Ini sedikit mengejutkan bagi semua orang saat ini. Ada suasana yang sangat suram di sini. Saya tidak tahu tentang insiden hiu fatal sebelumnya di daerah ini," kata Anggota Klub Selancar Salt Surf Life Saving, James Owen kepada SMH.

Hiu putih diketahui aktif di daerah Pantai Salt saat ini.

Ini adalah kematian ketiga dari serangan hiu di Australia sepanjang 2020.

Pada April, seorang ranger Queensland berusia 23 tahun tewas dalam serangan di Great Barrier Reef. Sedangkan pada Januari, seorang penyelam berusia 57 tahun tewas di Australia Barat.

Tidak ada kematian yang dicatat tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini