Gerhana Matahari Sebagian Bisa Diamati di Manado

Subhan Sabu, Okezone · Minggu 21 Juni 2020 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 21 340 2233758 gerhana-matahari-sebagian-bisa-diamati-di-manado-WXrd7f8n9M.jpg Gerhana matahari. (Ist)

MANADO – Fenomena gerhana matahari cincin diprediksi terjadi pada hari ini, 21 Juni 2020. Fenomena ini diperkirakan terlihat di sebagian wilayah di Indonesia.

Namun gerhana matahari cincin hanya bisa dilihat sebagian atau hanya mengalami fase gerhana matahari parsial. Beberapa daerah yang tidak dapat menyaksikan gerhana matahari antara lain, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta. Sementara wilayah lain mulai dari Banda Aceh, Medan, Samarinda, Kupang, Manado, Ambon hingga Jayapura dapat melihat fenomena gerhana ini.

Kepala Seksi Data dan Informasi (Kasi Datin) BMKG Sulut Edward H Mengko mengatakan dari wilayah Manado dan sekitarnya fase cincinnya tidak dapat terlihat.

"Jadi yang diamati adalah gerhana matahari sebagian dengan rincian magnitudo/tingkat ketertutupan matahari oleh piringan bulan 42.7 persen," ujar Mengko kepada Okezone, Minggu (21/6/2020).

Gerhana Matahari Cincin di Langit Jakarta

Waktu kejadian gerhana untuk wilayah Kota Manado dan sekitarnya terjadi kontak awal pada 15:28:19.6 Wita, puncak gerhana pukul 16.32:54.3 Wita, dan kontak akhir: 17:28:49.2 Wita.

Mengko memperingatkan masyarakat untuk tidak melihat secara langsung ke arah matahari dengan mata telanjang selama gerhana matahari ini.

Cara aman melihat gerhana matahari adalah menggunakan teropong yang harus dilengkapi sinar filter UV atau menggunakan display tersendiri yang disambungkan dengan kamera yang diarahkan ke matahari.

"Bisa juga dengan menggunakan peralatan lainnya seperti kotak pinhole, tidak menggunakan negatif film, atau bisa dengan melihat melalui siaran langsung (live streaming) pengamatan gerhana matahari dari 21 kota termasuk Kota Manado," tutur Mengko.


Baca Juga : Gerhana Matahari Dapat Disaksikan di 31 Provinsi, Berikut Jadwalnya

Selain dari Manado beberapa wilayah di Sulawesi Utara juga bisa melihat gerhana matahari cincin, yakni Boroko, Lolak, Bolaang Uki, Kotamobagu, Amurang, Tutuyan, Ratahan, Tomohon, Tondano, Airmadidi, Bitung, Ondong Siau, Tahuna dan Melonguane.


Baca Juga : Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Makkah Selama 2,5 Jam

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini