Korban Jiwa Gempa M7,4 di Meksiko Meningkat Jadi 10

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 25 Juni 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 18 2236182 korban-jiwa-gempa-m7-4-di-meksiko-meningkat-jadi-10-GS7XHtDAQe.jpg Foto: Reuters.

MEXICO CITY - Korban tewas akibat gempa kuat yang melanda Meksiko selatan pada Selasa (23/6/20202) telah meningkat menjadi 10 orang. Pertambahan jumlah korban itu diungkapkan pihak berwenang pada Rabu (24/6/2020) di saat penduduk setempat mulai membersihkan puing-puing dan menilai kerusakan akibat gempa.

Daerah di sekitar resor Pantai Huatulco yang populer di negara bagian selatan Oaxaca adalah yang paling parah dilanda gempa berkekuatan Magnitudo 7,4 itu. Namun, goncangan gempa bisa dirasakan hingga Ibu Kota, Mexico City, di mana bangunan-bangunan tinggi bergoyang dan ribuan orang berlarian ke jalan-jalan.

Sekira 30 bangunan di ibu kota rusak, dan di lingkungan utara yang juga dilanda gempa bumi pada 2017, beberapa warga harus mengungsi dari rumah mereka.

Di Oaxaca, kru pekerja membersihkan jalan-jalan yang penuh dengan puing-puing akibat gempa, sementara penduduk dari komunitas yang sederhana mencari barang-barang mereka di antara puing-puing.

“Semuanya rusak, seluruh rumah diambil. Segala sesuatu yang kita lakukan dalam hidup kita telah hilang,” kata Vicente Romero, warga Kota La Crucecita, di pantai Pasifik kepada Reuters, menunjukkan kerusakan rumahnya ketika tetangga membersihkan puing-puing.

Menurut pernyataan dari Pemerintah Negara Bagian Oaxaca, pusat-pusat pendidikan dan situs-situs bersejarah, termasuk empat zona arkeologi, mengalami kerusakan. Pernyataan itu juga menyebutkan 10 orang tewas akibat gempa.

Dalam sebuah posting di Twitter, Gubernur Oaxaca Alejandro Murat mengatakan 117 kota dan lebih dari 5.000 rumah terkena dampak gempa.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini