Universitas Gunadarma Siap Hadapi New Normal

Karina Asta Widara , Okezone · Sabtu 27 Juni 2020 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 1 2237527 universitas-gunadarma-siap-hadapi-new-normal-y7pPAn23Ky.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA- Menghadapi pandemi Covid-19, dunia pendidikan menghadapi pergeseran sistem pembelajaran. Semenjak Presiden Joko Widodo mengumumkan untuk melakukan segala kegiatan di rumah, seperti Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH), membuat instansi pendidikan baik dari tingkat dasar hingga perkuliahan berlangsung secara digital.

Universitas Gunadarma, universitas swasta terbaik, menerapkan pembelajaran secara daring di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Prof. Budi Hermana Kepala BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) Universitas Gunadarma, mengatakan, dalam situasi sulit di tengah pandemi, proses belajar harus tetap berlangsung dengan sistem daring.

“Setiap dosen tetap work from home, memberikan content kepada mahasiswa. Melangsungkan proses pembelajaran secara virtual saat pandemi seperti ini sudah menjadi kewajiban bagi dosen dan mahasiwa,” jelasnya.

Di samping proses belajar dilakukan secara daring, pendaftaran untuk mahasiswa baru juga via online. Universitas Gunadarma (UG) sudah menerapkan sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) via daring atau online sejak beberapa tahun lalu.

Melalui UG PMB Online, siswa kelas 3 SMA sederajat dapat segera mendaftar tanpa harus datang ke kampus, untuk mengambil formulir pendaftaran.

Melakukan pendaftaran secara online juga cukup mudah. Mengisi form pendaftaran di https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2020/. Selepas itu, pendaftar akan menerima email berisi file yang mesti diunduh, serta username dan password untuk login sebagai pendaftar, termasuk petunjuk pembayaran formulir melalui virtual account transfer ke Bank Mandiri.

Untuk calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran melalui jalur online, proses penyeleksian dilakukan dengan melihat nilai rapor semester 4 dan 5. Nilai rapor yang dimasukkan adalah nilai yang sesuai dengan rapor. Apabila terjadi perbedaan karena faktor kesengajaan, maka proses seleksi dapat dibatalkan.

Pihak Universitas Gunadarma akan menyeleksi berdasarkan nilai rapor yang dimasukkan saat pendaftaran. Selanjutnya, hasil seleksi akan diumumkan melalui akun pendaftaran setelah ada pemberitahuan lewat email atau SMS.

Jika pendaftar dinyatakan lolos, akan diinformasikan jurusan dan jenjang yang didapatkan, jumlah pembayaran uang kuliah, beserta dengan tanggal jatuh tempo pembayaran.

Pembayaran uang kuliahnya pun sudah terintegrasi dengan sistem pembayaran perbankan yang memungkinkan mahasiswa dapat menyelesaikan administrasinya secara paperless. Menurut Prof. Budi, calon mahasiswa pun harus melakukan pemeriksaan kesehatan. Namun, jadwal pemeriksaan akan diberitahukan menyusul, sesuai dengan perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Untuk pemeriksaan kesehatan dalam situasi seperti ini, kami berikan kelonggaran, sambil menunggu kondisi normal,” jelasnya.

Bahkan program orientasi mahasiswa baru angkatan 2020/2021 juga sudah dimulai dengan menggunakan UGTV Digital. TV digital akan diintegrasikan ke dalam proses perkuliahan pada tahun ajaran baru, selain platform lainnya seperti virtual class, video conference, dan delivery method lainnya pada tahun akademik 2020/2021 yang akan dimulai pertengahan tahun ini.

Universitas Gunadarma, jelas Prof. Budi, siap menghadapi new normal saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilonggarkan atau berakhir. Saat new normal, Universitas Gunadarma tetap akan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemer intah. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi sebaran Covid-19 di kampus.

Adapun protokol kesehatan yang nantinya diterapkan, seperti wajib memakai masker, di gerbang masuk kampus akan disediakan tempat cuci tangan, lingkungan kampus dan ruang belajar disemprot disinfektan, hingga menghindari kerumunan.

“Apapun situasinya masa depan harus tetap dipikirkan. Lulusan SMA bisa melanjutkan ke perguruan tinggi,” jelas Prof. Budi. CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini