Makam Warna Warni Ini Hilangkan Kesan Angker dan Menakutkan

Arif Wahyu Efendi, iNews · Sabtu 27 Juni 2020 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 27 519 2237341 makam-warna-warni-ini-hilangkan-kesan-angker-dan-menakutkan-mU97dIMsJ4.jpg Pemakanan warna warni di Madiun hilangkan kesan angker/Foto: tangkapan layar (Arif Wahyu Efendi-iNews)

MADIUN - Angker dan seram pasti terlintas dalam pikirian setiap orang ketika ditanya mengenai kuburan atau makam. Suasananya pasti berbeda ketika Anda berziarah ke satu makam di RW 05, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Makam Tawang ini tidak tampak seperti pada umumnya. Seluruh bagian makam mulai nisan, cungkup atau bangunan mirip rumah untuk makam keluarga dicat aneka warna. Demikian pula dengan pohon dan tembok makam.

Sedangkan jalan menuju makam dihiasi beragam bunga untuk menonjolkan keasrian lingkungan. Sehingga tidak menimbulkan kesan mistis bagi siapa pun yang berkunjung.

Kendati sudah dicat, namun nama-nama pada ahli kubur yang sudah di makamkan tetap tertulis dengan jelas. Pengelola makam juga senantiasa menjaga kebersihan agar nampak asri dan indah.

Makam Warna warni

Menurut Gunawan, pembina pengelola makam, pengecatan warna warni di Makam Tawang ini merupakan inisiatif warga. Tujuanya tidak lain untuk menghilangkan kesan angker.

"Makam ini dahulu terkesan menakutkan. Dengan seperti ini, kesan angker menjadi hilang. Pendanaanya juga bersumber dari swadaya warga," kata Gunawan, Sabtu (27/6/2020).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini