Akhiri Krisis, Ribuan Warga Ceko Gelar Pesta "Perpisahan dengan Corona"

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 11:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 18 2239321 akhiri-krisis-ribuan-warga-ceko-gelar-pesta-perpisahan-dengan-corona-FHqK3uRzOt.jpg Foto: Getty Images.

PRAHA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa pandemi global Covid-19 masih jauh dari berakhir. Namun, di Republik Ceko, sebuah pesta besar telah digelar sebagai “perpisahan simbolis” pada virus yang telah menginfeksi lebih dari 10 juta penduduk dunia itu.

Pada Selasa (30/6/2020), ribuan tamu duduk di meja sepanjang 500 meter di Jembatan Charles, Praha. Mereka saling berbagi makanan dan minuman yang mereka bawa dari rumah tanpa ada jarak sosial, sesuatu yang sulit ditemui di negara-negara yang masih menerapkan penguncian.

Foto-foto dari pesat itu memperlihatkan orang-orang duduk bersama, minum dan menonton penghibur lokal.

Pesta perpisahan Corona di Praha. (Getty Images)

Penyelenggara acara mengatakan perayaan itu dimungkinkan karena kurangnya wisatawan di kota yang terkenal memesona itu.

"Kami ingin merayakan akhir dari krisis virus corona dengan membiarkan orang bertemu dan menunjukkan bahwa mereka tidak takut bertemu, bahwa mereka tidak takut mengambil sepotong roti lapis dari tetangga mereka," kata Ondrej Kobza, penyelenggara pesta dan pemilik kafe di Praha kepada AFP.

Tempat untuk acara itu, yang harus dipesan, sudah penuh dipesan.

Salah satu peserta pesta, Galina Khomchenko-Krejcikova, mengatakan dia menemukan acara itu di Facebook dan "menganggapnya menarik".

Pesta perpisahan Corona di Praha. (Getty Images)

"Saya baru saja menyelesaikan shift malam jadi saya tidak punya waktu untuk mempersiapkan apa pun," katanya. "Tapi kami membawa anggur dan makanan ringan yang kami temukan di rumah."

Republik Ceko memiliki kurang dari 12.000 kasus infeksi virus corona dengan 350 korban meninggal dunia karena Covid-19. Negara itu dengan cepat memberlakukan penguncian dan telah berhasil menghindari dampak terburuk pandemi.

Pekan lalu, pemerintah mengizinkan pertemuan publik hingga 1.000 orang. Kolam renang, museum, kebun binatang, dan kastil sekarang dapat dibuka tanpa batasan jumlah pengunjung. Restoran, bar dan pub telah diizinkan untuk melayani orang di dalam ruangan selama sebulan terakhir.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini