32 Lansia Penghuni Panti di Rembang Positif Corona

Taufik Budi, Okezone · Kamis 02 Juli 2020 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 512 2239918 32-lansia-penghuni-panti-di-rembang-positif-corona-Rc04ebQ9kl.jpg Petugas medis melakukan rapid test terhadap warga di Tangsel. (Foto : Ilustrasi/Dok Okezone.com/Arif Julianto)

SEMARANG - Sejumlah tenaga medis disiagakan di panti lansia Rembang Jawa Tengah, menyusul puluhan penghuninya terpapar Covid-19. Para penghuni panti perlu mendapat perhatian lebih karena berusia lanjut dan rawan tertular virus corona.

"Kalau yang panti itu banyak, (ada) 32 (orang). Yang positif dirawat di rumah sakit dan lainnya sudah kita tes negatif," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo kepada awak media, Rabu (1/7/2020).

"Dan itu (penghuni negatif Covid-19) tetap ada di panti, tapi dengan pengawasan khusus karena mereka mempunyai faktor pengorbit dan usianya sudah lanjut," ujarnya.

Petugas kesehatan mendirikan posko di kawasan panti agar memudahkan proses pengawasan. Mereka secara rutin memantau kesehatan penghuni panti, termasuk memberikan tindakan penanganan jika dibutuhkan.


Baca Juga : ASN Diwajibkan Buat Akun Instagram dan Follow Humas Aceh Besar

"Maka kita mendirikan pos kesehatan. Kami dari Dinas Kesehatan provinsi di sana dilengkapi tenaga medis perawatan selama 24 jam. Tugas mereka adalah mengawasi, terus melakukan pengecekan, terus rujukan kalau perlu," tuturnya.

"Kemarin karena ada yang enggak mau makan, enggak bisa bangun kita rujuk ke rumah sakit. Satu lagi yang karena ada gangguan kejiwaan, juga kita rujuk ke rumah sakit," tuturnya.

Baca Juga : 144 Perawat di Jatim Terpapar Corona, 9 Meninggal Dunia

(erh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini