Mau ke Yogyakarta di Tengah Pandemi? Ini Syaratnya

Kuntadi, Koran SI · Kamis 23 Juli 2020 18:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 510 2251101 mau-ke-yogyakarta-ini-syaratnya-zeb3JIRpHW.jpg Ilustrasi

YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta mempersilakan kepada wisatawan untuk datang, tidak terkecuali dari zona merah atau daerah dengan kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 tinggi. Syaratnya, wisatawan harus membawa surat hasil rapid test negatif dan surat keterangan sehat.

“Wisatawan dari zona merah dan hitam harus membawa hasil rapid test dan surat keterangan sehat. Sementara dari zona kuning atau hijau cukup surat keterangan sehat,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Kamis (23/7/2020).

Persyaratan ini juga berlaku bagi calon mahasiswa baru. Apalagi saat ini sejumlah kampus menyelenggarakan ujian masuk perguruan tinggi. Mereka yang datang harus melengkapi dengan surat keterangan sehat.

“Kalau perlu surat hasil rapid test juga disiapkan,” katanya.

Aturan ini diterapkan untuk penularan kasus Covid-19. Selama sepekan belakangan penambahan kasus di DIY cukup tinggi. Termasuk penambahan empat kasus di Kota Yogyakarta yang terkait dengan pelaku perjalanan dari luar kota.

Baca Juga : Tidak Ada yang Berani Pecat Amien Rais dari PAN

Baca Juga : Kerugian Negara Akibat Korupsi Proyek Fiktif PT Waskita Karya Capai Rp202 Miliar

Heroe yang juga menjadi Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Yogyakarta ini, juga meminta masyarakat untuk selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Peran aktif dari masyarakat diperlukan dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Sekarang mulai banyak orang yang datang ke Kota Yogyakarta. Jika kita disiplin menjalankan protokol kesehatan, kita bisa menekan kasus penyebaran Covid-19,” katanya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini