40 Penumpang dan Awak Kapal Pesiar Norwegia Positif Terinfeksi Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 03 Agustus 2020 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 18 2255950 40-penumpang-dan-awak-kapal-pesiar-norwegia-positif-terinfeksi-covid-19-dtqboP6isn.jpg MS Roald Amundsen. (Foto: Reuters)

OSLO - Setidaknya 40 penumpang dan awak dari sebuah kapal pesiar mewah telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan pihak berwenang Norwegia masih berusaha melacak sejumlah penumpang dari dua pelayaran Arktik yang dilakukan kapal itu baru-baru ini.

Empat anggota awak MS Roald Amundsen dirawat di rumah sakit pada Jumat (31/7/2020) ketika kapal tiba di Pelabuhan Tromsoe, dan kemudian didiagnosis dengan penyakit pernapasan tersebut. Tes menunjukkan 32 dari 158 staf lainnya juga terinfeksi.

Sementara para kru dikarantina di kapal, 178 penumpang yang tiba pada Jumat diizinkan untuk turun sebelum ada yang didiagnosis. Keadaan itu memaksa pihak berwenang menggelar operasi kompleks untuk menemukan mereka guna membendung potensi penyebaran virus corona.

BACA JUGA: Karantina Selesai, Penumpang Diamond Princess Mulai Meninggalkan Kapal Pesiar

Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI) dan Kotamadya Tromsoe mengatakan, sejauh ini, empat dari 387 penumpang yang melakukan perjalanan dengan dua kapal pesiar terpisah sejak 17 Juli telah ditemukan terinfeksi Covid-19.

"Kami berharap bahwa lebih banyak infeksi akan ditemukan sehubungan dengan wabah ini," kata Line Vold, seorang eksekutif senior FHI sebagaimana dilansir Reuters. Dia menambahkan bahwa para penumpang telah diberitahukan untuk melakukan isolasi mandiri.

BACA JUGA: 188 Awak Kapal World Dream Rampung Diobservasi di Pulau Sebaru Hari Ini

Hurtigruten Line, pemilik MS Roald Amundsen serta 15 kapal lainnya pada pertengahan Juni menjadi perusahaan pertama yang kembali mengoperasikan kapal pesiarnya ke lautan setelah penghentian selama tiga bulan karena pandemi Covid-19.

Di antara kru yang terinfeksi, 32 berasal dari Filipina sementara sisanya berkebangsaan Norwegia, Prancis, dan Jerman, kata operator Hurtigruten.

Pada awal wabah virus corona, ribuan penumpang terdampar di kapal pesiar di perairan Asia, Amerika Serikat (AS) dan di tempat-tempat lain, yang menyebabkan operator membatalkan perjalanan dan memicu PHK massal.

Dengan langkah-langkah seperti mengurangi kapasitas penumpang, jarak sosial dan aturan ketat tentang kebersihan, Hurtigruten bertujuan untuk membujuk pelanggan untuk kembali ke industri pelayaran.

MS Roald Amundsen dijadwalkan untuk berlayar di sekitar Kepulauan Inggris pada September, berlabuh di pelabuhan di Inggris dan Skotlandia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini