ASN Positif Covid-19, Pelacakan di Gedung Sate Sudah 80 Persen

CDB Yudistira, Okezone · Selasa 04 Agustus 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 525 2256947 asn-positif-covid-19-pelacakan-di-gedung-sate-sudah-80-persen-2JH05ctkDj.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BANDUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, pelacakan dan pengetesan kontak erat dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Gedung Sate, Bandung, terus dilakukan. Hingga saat ini, proses pelacakan dan pengetesan sudah 80%.

"Ketika kami menemukan kasus yang terkonfirmasi positif, artinya kami harus melakukan pelacakan. Dia (ASN positif Covid-19) kemana saja selama satu minggu terakhir dan kami akan memetakan itu," ujarnya di Bandung, Selasa (4/8/2020).

Setiawan menambahkan, pelacakan dan pengetesan tersebut berlangsung cepat karena mayoritas ASN beraktivitas di kantor. Sementara itu, pengetesan dilakukan dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Laboratorium Kesehatan Daerah Jabar.

"Sisanya adalah aktivitas dia di luar kantor. Katakan di rumah, ada siapa saja misalnya di rumah, selain di rumah dia punya kebiasaan beraktivitas di mana, 80 persen sudah dilakukan, termasuk keluarga dengan PCR. Kontak erat semua dites dengan metode PCR," tambahnya.

Baca Juga:  40 Pegawai Positif Corona, Gedung Sate Ditutup

Sementara itu Pemerintah Daerah Provinsi Jabar menyusun kembali sistem kerja di lingkungan Gedung Sate. Hal tersebut merupakan upaya peningkatan kewaspadaan terhadap penularan COVID-19.

Berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Daerah Jabar Nomor: 800/117/UM tentang Penyesuaian Sistem Kerja bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, penyesuaian sistem kerja tersebut yakni, seluruh PNS dan non-PNS bekerja dari rumah alias work from home (WFH) mulai Kamis (30/7/2020), hingga Jumat, (14/8/2020).

"Mau tidak mau tata kelola perkantoran harus berubah. Misalnya ketika ada yang mau menyampaikan berkas atau surat, itu juga harus dipikirkan. Berkas diberi bungkus plastik, kemudian semprot dulu dengan disinfektan untuk memastikan kebersihan. Ini memang dari pola kerja, tata kelola, memang harus berubah," kata Setiawan.

Baca Juga: 8 Orang Positif Covid dan 43 Reaktif dalam Rapid Test Massal di Bandung

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini