Politik Jelang Pilkada Solo 2020 Makin Seru, Yuk Simak

Bramantyo, Okezone · Kamis 06 Agustus 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 512 2257956 politik-jelang-pilkada-solo-2020-makin-seru-yuk-simak-iip2DDMgOE.jpg Gibran Rakabuming Raka (kanan). Sumber Foto: Solopos

SOLO – Politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020 semakin seru. Setelah pasangan Rakabuming Raka-Teguh Purnomo dipastikan diusung melalui partai politik, kini muncul pasangan baru.

Pasangan lain itu dari jalur independen yang saat ini tengah diverifikasi oleh KPU, yakni Ahmad Purnomo-Anung Indro Susanto. Pasangan ini memiliki kans untuk melawan Gibran-Teguh.

Sementara itu PKS yang getol mengusung calon sendiri untuk melawan Gibran sang putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI Solo, Antonius Yogo Prabowo blak-blakan, mengatakan ada salah satu parpol menawarkan uang Rp1 miliar agar pihaknya bersedia memunculkan pasangan baru untuk melawan Gibran-Teguh dalam Pilkada Solo 2020.

"Terus terang ada salah satu parpol non parlemen (tidak memiliki kursi di DPRD) datang menemui kami dan menawarkan sejumlah uang mencapai Rp1 miliar untuk mendukung satu calon lagi sebagai rival paslon Gibran-Teguh," jelasnya saat berbincang dengan media, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga:  Gibran: Siapapun Lawannya Saya Siap Tempur

Tawaran ditolak, pasalnya, sejak awal PSI teguh mengusung Gibran-Teguh. Bahkan surat dukungan sudah selesai dibuat, tinggal menyerahkan pada pasangan itu.

"Form dukungan dari KPU sudah selesai dibuat. Tinggal menyerahkan saja. Mekanismenya nanti Mas Gibran yang datang ke Jakarta atau perwakilan dari DPP yang ke sini, hanya masalah waktu saja, yang jelas DPC PSI siap," paparnya.

Sementara itu terkait tawaran tersebut, dirinya sudah berkoordinasi dengan DPP PSI melalui Sekjen partai yakni Raja Juli Antoni.

Sudah pasti tawaran tersebut ditolak. Pasalnya sejak awal jauh sebelum rekomendasi PDIP turun pada Gibran-Teguh, PSI sangat mendukung Gibran menjadi Walikota Solo.

Baca Juga: FX Rudy: Berpolitik Itu Harus Siap Dikecewakan!

Terpisah, Achmad Purnomo yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Walikota Solo, mengaku tidak tahu sama sekali adannya wacana memasangkan dirinya dengan mantan pesaingnya saat Pilkada lalu, yaitu Anung Indro Susanto. "Sama sekali tidak tahu, malah baru tau ada pasangan Purnomo-Anung," ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini