Kabar Duka, Dokter Kembali Jadi Korban Keganasan Covid-19

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 21 Agustus 2020 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 519 2265480 kabar-duka-dokter-kembali-jadi-korban-keganasan-covid-19-LV3XmjeBtm.jpg ilustrasi: okezone

KOTA MALANG - Seorang dokter di Kota Malang dinyatakan meninggal dunia positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Dokter berinisial CC ini meninggal dunia pada Jumat (21/8), saat menjalani perawatan di RSUD Saiful Anwar.

Ketua IDI Malang Raya dr. Djoko Heri Hermanto membenarkan bila ada seorang dokter yang kembali menjadi korban akibat pandemi Covid-19.

"Kemungkinan dari praktek pribadi. Beliau pasiennya banyak, selama ini beliau hanya praktek pribadi sore hingga malam hari saja. Tapi pasiennya memang banyak," ujar Djoko saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (21/8/2020).

Dengan meninggalnya dokter berinisial CC, disebut Djoko sudah ada tiga dokter di Malang yang meninggal dunia sejak pandemi Corona merebak.

"Sejak Maret 2020, dokter di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu) yang terjangkit ada 16 orang. Tiga orang meninggal dunia," jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan selama berinteraksi dengan tenaga - tenaga medis. Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan penularan ke tenaga medis bisa diminimalisir.

"Kami tetap mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat di Malang Raya disiplin dan patuh menerapkan protokol kesehatan," terangnya.

"Sangat percuma rasanya kami para dokter dan petugas kesehatan lain menggunakan APD lengkap kalau kasus Covid-19 di masyarakat Malang pada khususnya, terus bertambah. Lama - lama rumah sakit juga akan penuh, petugas akan kelelahan dan pada akhirnya terpapar Covid-19 juga," imbuhnya.

Sementara itu, Humas RSUD Saiful Anwar, Donny Iryan mengatakan bila dokter tersebut merupakan pasien rujukan dari Rumah Sakit Aisyiyah, yang menjadi rumah sakit rujukan sebelumnya.

"Iya benar, kemungkinan tertular dari klinik beliau. Kami menerima rujukan dari RSI. Keadaan sudah menurun drastis saat dirujuk ke sini (ke RSSA)," beber Donny.

Di Kota Malang sendiri pasien Covid-19 mencapai 1.037 orang, 81 meninggal dunia, 608 pasien dinyatakan sembuh, serta 348 menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini