Hampir 500 Paus Terdampar di Pantai Tasmania, Terbesar yang Pernah Ada

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 23 September 2020 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 18 2282538 hampir-500-paus-terdampar-di-pantai-tasmania-terbesar-yang-pernah-ada-ZiFgpNe0ZR.jpg Paus terdampar di Tasmania. (Foto: Kepolisian Tasmania)

HOBART - Negara bagian Tasmania di Australia menyaksikan peristiwa terdampar massal paus, atau yang dikenal sebagai stranding, terbesar yang pernah tercatat setelah lebih banyak mamalia itu ditemukan selama upaya penyelamatan besar-besaran. Sejak Senin (21/9/2020) diperkirakan 470 paus pilot ditemukan terdampar di pantai barat Tasmania.

Para pejabat mengatakan, sebagian besar dari 200 paus dalam kelompok yang baru ditemukan itu tampaknya telah mati. Mereka mengatakan tim penyelamat berlomba untuk menyelamatkan hewan yang masih hidup di perairan dangkal.

BACA JUGA: 90 Paus Pilot Mati Setelah Terdampar Massal di Australia 

Meskipun 25 paus dari kelompok pertama telah dibebaskan pada Selasa (22/9/2020), beberapa telah kembali terdampar di pantai setelah terbawa oleh air pasang.

"Kami sangat kecewa karena jumlahnya meningkat dan (ada peningkatan) jumlah paus yang mati," kata Nik Deka dari Departemen Industri Primer Tasmania sebagaimana dilansir BBC. Namun dia mengatakan tim penyelamat berharap bisa mengawal lebih banyak paus ke laut pada Rabu (23/9/2020).

Sebuah tim helikopter melihat kelompok kedua pada Selasa sekitar 10 km dari lokasi pertama di Macquarie Heads. Diduga mereka adalah bagian dari kelompok paus yang sama.

BACA JUGA: 150 Ekor Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai Terpencil Selandia Baru

"Dari udara, sepertinya penyelamatan tidak diperlukan tapi kami mengirim kapal untuk melakukan penilaian," kata Deka. Setidaknya 90 paus dari kelompok pertama telah mati.

Masih belum jelas apa yang menarik paus ke pantai, tetapi para ilmuwan mengatakan paus pilot khususnya memiliki ikatan sosial yang kuat.

Spesies paus berukuran kecil itu termasuk yang paling umum terdampar. Mereka dapat tumbuh hingga 7m dan berat hingga tiga ton.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini