Aksi Heroik Serka Eri, Menyelam Selokan Sempit untuk Angkat Sampah

Arif Budianto, Koran SI · Senin 26 Oktober 2020 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 525 2299409 aksi-heroik-serka-eri-menyelam-selokan-sempit-untuk-angkat-sampah-FQcWe330A2.jpg Serka Eri Krisyana saat mengangkat sampah dari selokan (foto: Dok TNI)

BANDUNG - Aksi heroik anggota TNI, Serka Eri Krisyana patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, dia mau mempertaruhkan nyawanya menyelam ke selokan untuk mengangkat sekitar 5 kuintal sampah. Serka Eri mengambil sampah bersama warga sekitar yang menyebabkan selokan tersumbat.

Saat itu, Serka Eri Krisyana yang merupakan Anggota Sektor 21 subsektor 15 Sumedang dibantu petugas Gober sebagai mitra kerja, berhasil mengangkat sampah yang menyumbat selokan. Selokan tersebut terhubung dengan anak sungai Cimande di Jalan Raya Parakan Muncang, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Sampah yang menumpuk mengakibatkan air meluap ke jalan dan menghambat lalu lintas. Air juga menyebabkan banjir cileuncang, sehingga laju kendaraan menjadi lambat. Kondisi itu menyebabkan Serka Eri ikut turun tangan dan berjibaku dengan sampah yang menghitam.

Menurut Serka Eri, saat itu sekitar pukul 14.00 WIB saat akan kembali ke Home Base dari wilayah Desa Sukadana, menuju Posko Subsektor 15 Sumedang, dia melihat ada warga yang sedang membersihkan sampah yang menyangkut di selokan anak sungai Cimande. Sampah mengakibatkan jalan Parakan Muncang tergenang air. Dia dengan spontan segera membantu warga yang sedang membersihkan selokan itu.

Sekitar lima kwintal sampah yang menyumbat berhasil diangkat, dan dibersihkan serta memperbaiki pipa PDAM yang putus. Uniknya dalam pengangkatan sampah tersebut, Serka Eri Krisyana melakukannya dengan menyelam. Saat itu, kondisi sedang hujan deras.

"Saya melakukan ini hanya karena tugas dan pengabdian pada bangsa dan negara. Inipun bagian tugas saya di Sektor 21 subsektor 15 Sumedang," kata dia dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (25/10/2020).

Dia berharap, masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, agar tidak terjadi lagi kejadian seperti itu. Sehingga saluran air normal dan tidak tersendat.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini