Sempat Padat, Arus Lalu Lintas di Gerbang Tol Palimanan Mulai Landai

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 28 Oktober 2020 21:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 525 2300956 sempat-padat-arus-lalu-lintas-di-gerbang-tol-palimanan-mulai-landai-i2lPasaJxm.jpg Gerbang Tol Palimanan (Foto: Okezone/Fathnur)

CIREBON - Situasi arus lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol (GT) Palimananan, Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, di masa mudik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (28/10/2020) malam, mulai landai. Sebelumnya, sempat terjadi kepadatan kendaraan di GT Palimanan pada Rabu siang.

Dari pantauan Okezone, hingga malam ini kendaraan pribadi masih mendominasi arus lalin di GT Palimanan. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa bisa melintas dengan lancar di gerbang tol tersebut.

Antrean kendaraan sempat terjadi di GT Palimanan pada Rabu siang. Hal itu menyusul adanya lonjakan volume kendaraan dari arah Jakarta. Saat ini, ada sekirar 16 gardu tol yang dibuka di GT Palimanan.

Menurut Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, meskipun volume kendaraan sempat meningkat, antrean yang terjadi di GT Palimanan tidak begitu panjang. Ia menyebut, panjang antrean kendaraan tadi siang hanya sampai 500 meter.

Syahduddi mengaku, pihaknya telah menerapkan rekayasa lalin untuk menangani lonjakan kendaraan pada Rabu siang. Salah satunya adalah menindak lanjuti surat edaran dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub), untuk membatasi kegiatan operasional angkutan barang.

"Mobil truk gandengan yang mengangkut barang seperti barang galian dan tambang, kita alihkan mulai dari arah Jakarta masuk ke jalur non-tol. Baru di pintu tol Palimanan 4, kita masukan ke tol yang mengarah Jawa Tengah," kata Syahduddi saat ditemui Okezone, di GT Palimanan, Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020).

Syahduddi menjelaskan, sejak pukul 10.00 WIB, di jalan tol wilayah Karawang sudah memberlakukan sistem contraflow. Artinya, kata dia, lonjakan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa sudah terjadi.

Pihaknya memprediksi, puncak arus mudik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1422 Hijriyah, masih akan terjadi hingga hari ini. Dia mengaku, seluruh personel di GT Palimanan selalu disiagakan.

"Puncak arus mudik masih terjadi sampai hari ini. Sampai malam hari, peningkatan volume kendaraan akan terjadi. Kami siagakan personel di Pospam GT Palimanan ini," ucap Syahduddi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini