Antisipasi Kemacetan, GT Kalitama Tol Cipularang Operasikan 17 Gardu Keluar

Asep Supiandi, Koran SI · Minggu 01 November 2020 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 525 2302354 antisipasi-kemacetan-gt-kalitama-tol-cipularang-operasikan-17-gardu-keluar-sgxlGfE4h9.JPG Foto: Sindonews/Asep Supiandi

PURWAKARTA - Gerbang Tol Kalihurip Utama (Kalitama) mengoperasikan 17 gardu keluar untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dari arah Bandung melalui Tol Cipularang menuju Jakarta, Minggu (1/11/2020).

Jumlah gardu keluar yang dibuka tersebut bertambah 1 setelah malam dan dini hari tadi sebanyak 16 gardu keluar yang dioperasikan.

Terlebih kendaraan dari Bandung di sepanjang Tol Cipularang terpantau mulai padat dan tidak terputus. Sementara untuk jalur sebaliknya dibuka 8 gardu. Siang tadi pun arus kendaraan ke arah Bandung terpantau masih cukup ramai.

"Ya, ada penambahan gardu tadi,"ujar Supervisor GT Kalitama, Undang Cece Abdul Wahab.

Sementara itu, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan. Jasa Marga memprediksi sekitar 208.134 kendaraan akan menuju Jakarta, atau meningkat sekitar 29% dari lalu lintas (lalin) normal.

“Angka prediksi tersebut merupakan angka kumulatif lalu lintas yang akan memasuki Jakarta di beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), dengan mayoritas pengguna jalan berasal dari arah timur,” jelas Heru.

Heru menggarisbawahi, Jasa Marga mencatat di hari pertama arus balik libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW serta cuti bersama ini sekitar 160.000 kendaraan telah kembali ke Jakarta pada, angka ini naik sekitar 36% dari lalin new normal.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini