Hanya di Bawah Tenda, Nasi Uduk Pondok Hijau Dikenal hingga Luar Kota

Asep Supiandi, Koran SI · Minggu 01 November 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 01 525 2302463 hanya-di-bawah-tenda-nasi-uduk-pondok-hijau-dikenal-hingga-luar-kota-olPlQ437ip.jpg Nasi Uduk Pondok Hijau, Purwakarta, Jawa Barat (Foto: Asep Supiandi)

PURWAKARTA - Nasi uduk merupakan salah satu kuliner malam andalan di Purwakarta. Berbeda dengan di daerah lain, nasi uduk ini memiliki kekhasannya tersendiri, yakni ukuran satu porsi sedikit lebih besar dari nasi kucing dengan bungkus dari daun pisang. 

Dari sekian banyak kedai yang ada, Nadi Uduk Pondok Hijau di Jalan Veteran 22, Purwakarta ini terbilang cukup laris. Bahkan, untuk sebagian warga Bandung atau Jakarta sudah cukup mengenal dan merasakan cita rasa yang ditawarkan.

Selain harganya relatif murah, akses ke lokasi Nasi Uduk Pondok Hijau terbilang mudah. Terutama bagi warga Jakarta atau Bandung yang sedang melintas di Tol Cipularang. Begitu keluar Gerbang Tol Sadang, lurus dan sesampainya di lampu merah Sadang Terminal Square belok kanan. Dari situ jaraknya srkitar 500 meteran berada di sebelah kiri.

Akan terlihat pengunjung dengan mobil berplat D atau B penuh sesak di kedai itu. Mereka seperti prasmanan mengambil nasi uduk dalam bakul besar serta varian lainnya, seperti semur jengkol, ayam goreng kampung, aneka gorengan, Dijamin makan di situ tak akan tertipu, harga untuk sekali makan tak akan lebih dari Rp30.000, tidak seperti banyak viral di media sosial, gara -gara makan pengunjung harus bayar hingga jutaan.

Nasi Uduk Pondok Hijau

Lokasinya terbilang nyaman meski hanya beratapkan tenda dan bangku serta kursi sederhana. Apalagi, ketika menyantap makan kan diiringi alunan suara biola yang mendayu-dayu dari pengamen jalanan yang sering datang ke tempat itu.

"Saya sering makan di sini, variannya banyak, rasanya enak dan harganya juga murah. Terutama ketika pulang liburan, pasti mampir di sini," ujar Amin (57), warga Cikampek, Karawang.

Sementara menurut penuturan pegawai Nasi Uduk Pondok Hijau, Dede, biasanya dalam semalam akan banyak pengunjung yang datang. Terutama disaat libur panjang. Dirinya pun agak sedikit kewalahan ketika pengunjung membludak.

"Malam pengunjung lumayan banyak, mungkin mwreka sehabis libur panjang jadi mampir ke mari," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini