Video Petani Viral Simpan Bawang Bombay Nyaris Setahun

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 17 November 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 18 2310971 video-petani-viral-simpan-bawang-bombay-nyaris-setahun-FJfbKu5C9X.jpg Tiktok viral petani bombay (foto: TikTok)

Generasi petani ketiga di Oregon, Amerika Serikat (AS) mendadak viral setelah dirinya memosting video yang memperlihatkan mengapa bawang bombay harus disimpan selama delapan bulan sebelum dijual di toko.

Shay Myers, CEO Owyhee Produce, menggunakan akun TikTok-nya yang populer untuk memberikan gambaran tentang pertanian kepada orang-orang, dan banyak videonya terinspirasi oleh pertanyaan pemirsanya.

Salah satu video TikTok-nya bercerita tentang memanen bawang membuat seseorang bertanya mengapa bawang bombay harus disimpan begitu lama.

“Apakah bawang yang saya dapatkan dari toko berusia lebih dari setahun?”, tanya salah satu user di TikTok. Jawaban Myers pun dilihat lebih dari empat juta kali.

Di video itu, dia terlihat berdiri di unit penyimpanan besar yang dikelilingi oleh ribuan bawang yang dipanen.

“Mengapa buah-buahan dan sayuran disimpan di Amerika Serikat? Nah, kami tinggal di Amerika Utara. Kami tidak dekat dengan ekuator. Kita harus menyimpan buah-buahan dan sayuran kita agar bisa kita dapatkan nanti. Mereka tidak selalu berumur satu tahun,” jelasnya.

Dikutip Daily Mail, Myers melanjutkan jika Anda membeli bawang di toko bahan makanan pada beberapa minggu pertama bulan Oktober, bawang itu langsung keluar dari lapangan, sedangkan mereka mengandalkan produk simpanan dari November hingga pertengahan April.

“Bawang Anda harus keluar dari gudang besar seperti ini di belakang kami sehingga kami dapat terus memasok Anda sehingga Anda dapat memiliki makanan untuk dimakan. Kalau tidak, semuanya harus datang dari Amerika Selatan,” ujarnya.

Myers, yang tinggal di perbatasan Oregon dan Idaho, tempat pertaniannya berada, mengatakan kepada AgWeb jika video viral itu muncul setelah dia membahas tentang penyimpanan bawang di TikTok sebelumnya.

“Alasan saya melakukannya awalnya adalah saya telah membuat beberapa komentar sebelumnya tentang berapa lama bawang disimpan dan bagaimana kami menyimpan bawang selama tujuh, delapan dan sembilan bulan. Lalu seseorang menjawab, jadi, maksud Anda bawang saya berumur satu tahun?,” ujarnya.

Akun TikTok milik sang petani itu pun menarik perhatian pemirsa dan langsung terkenal selama sebulan terakhir.

“Beberapa orang menunjukkan minat yang besar di video ini. Lalu mereka menunjukkannya kepada beberapa orang lagi dan mereka menunjukkan ke lain lagi. Video itu pun viral,” terangnya.

Video itu telah ditonton jutaan kali sejak diposting pada bulan Oktober lalu. Ribuan orang pun meninggalkan komentar, dan banyak yang mengaku tidak tahu apa-apa tentang cara penyimpanan sayuran.

“Ya ampun, saya benar-benar tidak pernah memikirkan logistik ini,” tulisnya.

“Hal ini sangat keren dan informatif,” tulis yang lain.

Sejumlah orang juga bertanya kepada Myers mengapa bawang mereka membusuk setelah seminggu atau lebih di rumah jika dapat disimpan hingga delapan bulan.

Melalui videonya, Myers terlihat berada di unit penyimpanan, menjelaskan jika semua ini terkait dengan masalah aliran udara.

“Ini semua tentang aliran udara. Begitulah cara kami menjaga bawang tetap bagus. Hal lain, kami menjaga suhu tetap konstan, konsisten, dan kelembapan rendah,” terangnya.

“Jadi di rumah, apa yang bisa kamu lakukan? Nomor satu, jangan taruh bawang Anda di lemari es. Itu tempat terburuk. Nomor dua, jaga agar tetap kering. Jika Anda memasukkannya ke dalam kantong kertas, luar biasa. Ini membantu menghilangkan kelembaban,” ungkapnya. 

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini