Ribuan Ikan di Sungai Elo Mati, Diduga Tercemar Limbah Pabrik

Didik Dono, iNews · Selasa 17 November 2020 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 512 2311059 ribuan-ikan-di-sungai-elo-mati-diduga-tercemar-limbah-pabrik-nt7w5MyGuV.png Ribuan ikan mati, diduga akibat pencemaran limbah barik. (Foto: tangkapan layar)

TEMANGGUNG - Ribuan ikan di Sungai Elo yang berada di Kabupaten Temanggung mati sejak pekan kemarin. Dugaan sementara, ribuan ikan tersebut mati akibat pencemaran limbah pabrik tekstil.

Ikan yang ditemukan mati berada di bawah aliran pembuangan limbah pabrik tekstil milik PT Sumber Makmur Anugrah (SMA) yang berdiri tepat di atas bantaran Sungai Elo.

Atas temuan tersebut pemerintah Kabupaten Temanggung kini tengah melakukan uji laboratorium terhadap sampel ikan yang mati.

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan, piahknya telah mengambil sampel ikan yang mati untuk diuji di laboratorium Semarang.

Jika nantinya hasil lab membuktikan adanya pencemaran, kata bupati, pihaknya akan memberikan sanksi tegas, bisa berupa penutupan sementara PT SMA karena sebelumnya pihak PT juga telah diperingatkan oleh Pemkab terkait hal serupa.

“Pabrik tekstil tersebut saat ini masih dalam proses pemantauan terkait pembuatan instalasi pembuangan air limbah. Limbah yang dibuang ke aliran sungai pada bulan kemarin melebihi baku mutu dan sangat membahayakan,” tegas bupati.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini