Dubes Sukmo: Panama Miliki Peran Penting Bagi Indonesia

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 30 November 2020 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 30 18 2319111 dubes-sukmo-panama-miliki-peran-penting-bagi-indonesia-hRHLAqPWVH.jpeg Dubes RI untuk Panama, Sukmo Harsono. (Foto: ist.)

PANAMA – Panama memiliki peran penting dan strategis bagi Indonesia, terutama sebagai pintu masuk kepentingan Indonesia terhadap negara-negara di Kawasan Amerika Tengah hingga Karibia, demikian disampaikan Dubes RI untuk Panama, Sukmo Harsono. 

“Secara politik Indonesia bisa mendapat dukungan dalam forum-forum Internasional di mana Indonesia ingin menjadi anggota atau ketua dari badan dan organisasi internasional, begitu juga sebaliknya,” kata Dubes Sukmo dalam keterangannya, Senin (30/11/2020).

BACA JUGA: Resmi Bertugas, Dubes Sukmo: Panama Mitra dan Sahabat Indonesia di Amerika Tengah

Namun, demikian, Sukmo mengakui bahwa jarak yang jauh menjadi kendala bagi peluang usaha business to business dari kedua negara. Oleh karena itu, perlu keberanian dari kalangan bisnis, baik Indonesia maupun Panama untuk masuk ke pasar masing-masing negara.

BACA JUGA: Antar Kepulangan 17 ABK WNI dari Panama, Dubes RI Pastikan Repatriasi Lancar

Menurutnya, proyek-proyek konstruksi adalah peluang yang bagus bagi BUMN Indonesia untuk masuk dan mengikuti tender di Panama dan negara-negara Amerika Tengah seperti Kosta Rika, Honduras ataupun Nikaragua. Sayangnya pandemi Covid-19 membuat semua peluang itu terhenti mendadak.

“Saya yakin setelah Pendemi berakhir jika Berbagai usaha termasuk UKM berani pameran dagang di Panama maka potensi market-nya akan terbuka lebar, termasuk sektor pariwisata, dan salah satu peluang seksi lainya adalah masuk berinvestasi lahan sawit di Panama,” pungkas Dubes Sukmo.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini