Antar Kepulangan 17 ABK WNI dari Panama, Dubes RI Pastikan Repatriasi Lancar

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 22 November 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 22 18 2313889 antar-kepulangan-17-abk-wni-dari-panama-dubes-ri-pastikan-repatriasi-lancar-a3xemAcJU6.jpeg Dubes RI untuk Panama Sukmo Harsono memeriksa kelengkapan dokumen para ABK WNI di Bandara Tocumen, Panama, 20 November 2020. (Foto: Ist.)

PANAMA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Panama memulangkan 17 ABK warga negara Indonesia (WNI) ke Tanah Air dari Bandara Tocumen, Panama. Kepulangan para ABK WNI itu diantarkan langsung oleh Duta Besar Besar RI untuk Panama, Sukmo Harsono, yang baru saja melakukan serah terima salinan surat kepercayaan dengan Wakil Menlu Panama.

"Saya sengaja langsung ke Bandara Tocumen didampingi Counsellor Protkons dan Perlindungan WNI, Bpk. Rheinhard Sinaga, untuk menemui dan memastikan bahwa ke 17 ABK membawa semua dokumen lengkap, kondisi kesehatan baik, dan hak-hak mereka diterima sebelum pulang,” kata Dubes Sukmo dalam keterangan yang diterima Okezone, Minggu (22/11/2020).

BACA JUGA: Resmi Bertugas, Dubes Sukmo: Panama Mitra dan Sahabat Indonesia di Amerika Tengah

Dia menjelaskan bahwa ada hambatan yang terjadi saat salah seorang ABK tidak memiliki hasil tes cepat (rapid test) Covid-19 karena tidak difasilitasi oleh perusahaan. Namun, permasalahan itu dapat segera diatasi dengan gerak cepat staf konsuler KBRI Panama.

“Dengan koordinasi dan gerak cepat staf Konsuler, Sdr. Mini, dan Pak Rheinhard Sinaga dengan pihak perusahaan maka dokumen hasil rapid test dapat dikirim kembali melalui WA," jelas Dubes Sukmo.

Dubes RI memberi arahan kepada para ABK agar mematuhi semua protokol kesehatan di Bandara, menjaga agar menjaga kelengkapan dokumen jangan sampai ada yang hilang, dan agar para ABK mematuhi Protokol Kesehatan terkait Covid-19 sesampainya di Indonesia, termasuk jika harus dikarantina.

BACA JUGA: KBRI Teheran Bebaskan dan Pulangkan 15 ABK WNI Terlantar ke Indonesia

Selain itu, dia juga mengingatkan agar para ABK tidak menggunakan kendaraan ilegal pulang ke kampung halaman guna menghindari hal-hal yang tidak perlu dan berbahaya. Para ABK juga diimbau untuk bisa berhemat dan tidak ikut ajakan-ajakan provokatif di media sosial yang bersifat melawan hukum di Tanah Air.

Dalam pertemuan, Dubes Sukmo juga membekali para ABK dengan logistik berupa makan siang, masker, dan hand sanitizer untuk dibawa selama perjalanan. Semua biaya pemulangan atau repatriasi ABK Indonesia ini ditanggung oleh pihak perusahaan.

Ke-17 ABK WNI tersebut berasal dari empat kapal, yaitu Nuevo Jasmaru (milik Spanyol), Kapal Mega 811, Kapal Chung Kuo 999, Chung Kuo 91 (milik Gilontas Taiwan).

“KBRI senantiasa berkoordinasi intensif dengan pihak perusahaan dan pihak terkait lainnya di Panama untuk memastikan repatriasi berjalan lancar dan ABK WNI dapat bertemu kembali dengan keluarga di Indonesia dengan selamat dan sehat,” pungkas Dubes Sukmo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini