Pekerja Wisata Positif Covid-19, Pengawasan Prokes Diperketat

Adi Haryanto, Koran SI · Rabu 02 Desember 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 525 2320358 pekerja-wisata-positif-covid-19-pengawasan-prokes-diperketat-NYpGfUlsTn.jpg Ilustrasi (Dok. Okezone)

BANDUNG BARAT - Imbas dari munculnya kasus positif Covid-19 dari pekerja wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Kabupaten Bandung Barat (KBB), akan memperketat pengawasan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, KBB, Sri Dustirawati mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam pencegahan Covid-19 khususnya di sektor wisata.

"Ibaratnya ini udah kejadian, apa yang dikhawatirkan terjadi, makanya kami akan tegas meminta pengusaha menerapkan protokol kesehatan (prokes) tanpa terkecuali," ucapnya, Rabu (2/12/2020).

Salah satunya dengan menerapkan sistem buka tutup dan pembatasan pengunjung di objek wisata. Serta mewaspadai wisatawan dari luar daerah terutama yang berasal dari kota-kota zona merah.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD untuk melakukan sterilisasi di objek wisata yang terpapar COVID-19 dengan menyemprotkan disinfektan. Pekerja wisata yang terpapar telah dilakukan isolasi dan menutup aktivitas usahanya untuk sementara waktu.

"Komitmen telah dijalankan oleh pengusaha wisata, ketika ada temuan kasus mereka langsung menutup sementara tempat wisata tanpa diintruksikan," ujarnya.

Baca Juga : Tinjau Pengungsian Erupsi Gunung Ile Lewotolok, Ini Imbauan Doni Monardo

Terpisah GM Terminal Wisata Grafika Cikole, Bagus Widy Prasetyo menyebutkan, telah melakukan sterilisasi seluruh kawasan yang ada di tempatnya. Penyemprotan disinfektan dibantu oleh personel BPBD KBB untuk meminimalisasikan keberadaan virus yang masih menempel di sejumlah tempat.

"Kami sudah sterilkan, khususnya fokus di kamar-kamar, penginapan, dan resto. Tidak boleh ada siapapun yang masuk dulu kecuali petugas, selama penutupan aktivitas kunjungan yang belum bisa diprediksi kapan akan dibuka lagi," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini