RS Rujukan Covid-19 di Malang Penuh, Ini Langkah BNPB

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 03 Desember 2020 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 519 2321269 rs-rujukan-covid-19-di-malang-penuh-ini-langkah-bnpb-lBkRbcaeQ5.jpeg Doni Monardo saat di Malang (Foto: Okezone/Avirista)

KOTA MALANG – Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) siap memberikan bantuan kepada daerah terkait pembukaan rumah sakit lapangan untuk penanganan Covid-19.

Hal ini disampaikannya Kepala BNPB Doni Monardo saat meninjau rumah sakit lapangan di Polkesma Kota Malang pada Kamis sore (3/12/2020).

“Kita sudah mendapatkan suatu pencerahan dari tim Poltekkes yang mana nanti memanfaatkan fasilitas yang ada, yaitu rumah sakit lapangan,” ujar Doni Monardo.

“Apa yang menjadi kewajiban kami sebagai pusat sebagaimana BNPB untuk memberikan dukungan pada daerah yang memerlukan bantuan,” imbuhnya.

Dengan disiapkannya rumah sakit lapangan Covid-19 di Kota Malang, Doni menyebut upaya pemerintah untuk menambah fasilitas kesehatan bagi pasien Covid-19 yang ada di Jawa Timur. Jawa Timur sendiri memiliki dua rumah sakit lapangan, satu rumah sakit berada di Indrapura, Surabaya, satu rumah sakit lapangan berada di Malang.

“Sekiranya mungkin menjadi berbeda dengan apa yang selama ini sudah diberikan dukungan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi untuk rumah sakit lapangan Indrapura (Surabaya). Yang pernah memiliki ruangan atau bed sebanyak 356,” terangnya.

Diharapkan dengan beroperasinya rumah sakit lapangan di Kota Malang, mampu mengurangi beban rumah sakit rujukan Covid-19 yang kian banyak.

“Mudah - mudahan penambahan ruang perawatan di Poltekkes ini akan bisa membantu untuk mengurangi beban rumah sakit yang ada di sekitar Malang Raya,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Malang raya mengalami penipisan kapasitas tempat tidur. Hal ini lantaran kian bertambahnya angka positif Covid-19.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini