Buat Situs Web Gratis Selama Pandemi, Guru Ini Terima Covid Hero Award Berhadiah Rp626 Juta

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 04 Desember 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 18 2321649 buat-situs-web-gratis-selama-pandemi-guru-ini-terima-covid-hero-award-berhadiah-rp626-juta-k2znd1Iu3h.jpg Guru penerima penghargaan berhasil bikin web gratis selama pandemi (foto: daily mail)

INGGRIS - Guru matematika asal London barat daya berhasil memenangkan penghargaan global senilai 33.000 poundsterling atau sekira Rp626 juta. Dia membuat situs web gratis yang membantu siswa di seluruh dunia tetap bisa belajar selama pandemi Covid-19.

Jamie Frost yang mengajar di Sekolah Tiffin di Kingston upon Thames dianggap berhasil membuat platform pembelajaran online gratis yang dijalankannya dari rumah untuk digunakan di seluruh dunia.

Baca Juga: Dokter Teman Gowes Ganjar Dirawat karena Covid-19, Sampaikan Pesan Menyentuh

Dia menjadi salah satu dari 10 finalis yang terpilih menerima Penghargaan Guru Global Yayasan Varkey tahunan keenam atau disebut sebagai “Covid Hero Award” karena pandemi Covid-19 yang melanda. Frost tercatat sebagai tenaga pengajar di Sekolah Tiffin, yang bekerja 90 jam seminggu.

Situs web kuliah “Dr Frost Maths”, yang telah dilihat jutaan kali dalam sehari ini diketahui telah diunduh lebih dari tujuh juta sebagai sumber pengajaran. Situs website yang didanai kantor Walikota London ini banyak digunakan selama sekolah tutup akibat pandemi.

Baca Juga: Viral, Model Cantik Ini Jemur Miss V Demi Alasan Kesehatan

Dikutip Daily Mail, situs web yang bermula dari blog ini sekarang telah digunakan lebih dari 7.500 sekolah di seluruh dunia dan dua pertiga sekolah menengah Inggris.

Dia menggunakan pengetahuannya tentang Artificial Intelligence (AI) untuk membuat situs itu. Termasuk bahan ajar yang dapat diunduh di situs webnya.

Selama acara virtual yang disiarkan dari Natural History Museum di London, aktor Forest Whitaker mengumumkan Frost telah dianugerahi penghargaan khusus.

“Kreativitas dan dedikasi Anda telah menerangi jutaan pikiran secara gratis. Terima kasih Jamie. Terima kasih untuk semua guru dunia,” terang Whitaker melalui video.

Saat menerima Covid Hero Award, Frost, yang merupakan satu-satunya finalis Inggris dalam kompetisi tersebut mengatakan dirinya sangat bahagia atas penghargaan tersebut.

“Merupakan suatu kehormatan untuk menerima penghargaan ini dan saya sangat senang karena begitu banyak siswa yang dapat memanfaatkan situs saya, dan itulah yang sebenarnya saya inginkan,” terangnya. Frost diketahui dibesarkan di Chessington dan belajar di Universitas Oxford sebelum bekerja di perbankan investasi di Morgan Stanley. Kemudian kembali ke Oxford untuk mengambil gelar PhD dalam ilmu komputer.

Selain dirinya, pada Kamis (3/12), komedian dan aktor Stephen Fry mengumumkan guru sekolah dasar dari India, Ranjitsinh Disale, memenangkan hadiah sebesar 742.000 poundsterling (Rp14 miliar) karena dianggap berhasil meningkatkan pendidikan anak perempuan.

Melalui pidatonya, Disale mengatakan dia akan berbagi setengah dari uang hadiah itu dengan sembilan runner-up dalam kompetisi. Ini pertama kalinya dilakukan oleh pemenang Global Teacher Prize.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengapresiasi apa yang dilakukan para guru itu.

“Sungguh luar biasa melihat bagaimana guru telah beradaptasi dengan pembelajaran di rumah dan menggunakan teknologi untuk melanjutkan pelajaran selama pandemi,” terangnya.

“Anda tidak hanya mewakili guru heroik di Inggris tetapi juga di seluruh dunia,” tambahnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini