Tampil Polos dan Tulus, Anak Muda Tibet Ini Mendadak Viral di Media Sosial

Susi Susanti, Koran SI · Minggu 06 Desember 2020 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 05 18 2322356 tampil-polos-dan-tulus-anak-muda-tibet-ini-mendadak-viral-di-media-sosial-70aGlIhEyQ.jpg Foto: Xinhua

TIBET – Kurang dari sebulan yang lalu, Tamdrin masih menjadi penggembala biasa. Namun saat ini dia berubah menjadi sensasi media sosial (medsos) terbaru di Tiongkok.

Tamdrin yang memiliki nama mandarin Ding Zgen ini menjadi tren di platform media sosial utama. Bahkan kuda miliknya, Pearl telah mendapatkan sekitar 90.000 pengikut di akun Weibo di China, setara dengan akun Twitter.

Semua berubah berkat video berdurasi 7 detik yang menampilkan Tamdrin yang tersenyum dan lingkungan rumahnya di Tibet menjadi viral.

Tamdrin pun tidak pernah menduga dirinya akan menjadi terkenal seantero dunia. Segera setelah video pertama Tamdrin menjadi viral, operator tur lokal mempekerjakannya sebagai duta pariwisata untuk daerah asalnya di Litang di Prefektur Otonomi Tibet di Garze di provinsi tersebut.

Untuk pertama kali dalam hidupnya, dia berjalan-jalan keluar dari kampung halamannya. Dia pergi ke Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan di China barat daya yang berjarak sekitar 600 kilometer.

Di sini, pemuda berusia 20 tahun ini melakukan banyak wawancara dan mengunjungi tempat-tempat wisata setempat. Namun bagi dia, kampung halamannya selalu membuatnya rindu.

“Kampung halaman saya adalah tempat terindah di dunia, dengan pegunungan, padang rumput, danau, dan yang terpenting, dan orang-orang yang baik hati,” katanya, dikutip Xinhua.

Apa yang membuat Tamdrin menonjol dari selebritis internet lainnya bukan hanya penampilannya yang dianggap “manis dan liar”. Namun kepolosan dan ketulusannya membuat para warganet ingin bisa dekat dan melihat rumahnya lebih dekat lagi.

Dalam bahasa Tibet, “Litang” berarti “padang rumput yang datar seperti cermin perunggu”. Terletak 4.000 meter di atas permukaan laut, Litang juga dijuluki sebagai “kota di langit”.

Dengan arus pengunjung tahunan sekitar satu juta, pariwisata Litang tidak sekuat daerah tetangga seperti Daocheng County, meskipun penduduk setempat percaya pemandangannya tidak kalah mengesankan.

Berkat ketenaran Tamdrin yang luar biasa, minat terhadap Litang pun ikut meningkat pesat. Terutama sejak video promosi berjudul “Ding Zhen’s World” dirilis secara online minggu lalu.

Di video tersebut, pemuda tersebut menunjukkan kepada pemirsa bagaimana kehidupannya. Yakni menggiring yak di kaki Gunung Geyen yang bersalju, balap kuda melintasi padang rumput yang tak berujung, dan menyanyikan lagu-lagu romantis dengan teman-temannya di sekitar api unggun.

Jutaan penonton tersentuh oleh pemandangan menakjubkan dalam video tersebut.

“Ketulusan Tamdrin dan keindahan Litang menenangkan pikiran kita yang gelisah,” tulis salah seorang warganet di platform video pendek Douyin.

“Mataku berlinang air mata,” tulis netizen lain di Weibo.

“Saya yakin lebih banyak orang akan berkunjung ke sana, dan saya memberikan harapan terbaik saya kepada Litang, Tamdrin, dan kudanya,” tulis yang lain.

Sebuah laporan baru-baru ini dari Trip.com, perusahaan pariwisata daring besar China, mengatakan volume penelusuran untuk “Litang” telah meningkat lebih dari enam kali lipat dalam 10 hari setelah 20 November lalu. Angka ini melonjak empat kali lebih banyak daripada selama liburan Hari Nasional pada awal Oktober lalu.

Menurut penyedia layanan perjalanan online Qunar.com, pemesanan hotel di prefektur Garze dari 11 November hingga 25 November telah meningkat 89 persen dari tahun ke tahun dan terus meningkat di minggu berikutnya.

Sementara itu situs web perjalanan Trip.com telah memproyeksikan Litang akan menjadi hotspot selama liburan Tahun Baru mendatang bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar Provinsi Sichuan.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini