95 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas Tol Cipali saat Puncak Libur Nataru

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 15 Desember 2020 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 525 2328251 95-ribu-kendaraan-diprediksi-melintas-tol-cipali-saat-puncak-libur-nataru-AYb9fyuxhP.jpg Tol Cipali (Foto: Antara)

CIREBON - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) atau Astra Tol Cipali memprediksi, volume kendaraan di Jalan Tol Cikopo-Palimajan (Cipali) selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) akan meningkat sampai 12,6 persen. 

Menurut Departement Head Transaksi Astra Tol Cipi, Dedy Purnaedy, jumlah kendaraan pada puncak arus mudik Nataru di Jalan Tol Cipali akan meningkat hingga 95 ribu kendaraan. Ia menilai, sejak new normal atau adaptasi kebiasaan baru, arus lalu lintas di Jalan Tol Cipali mulai mengalami kenaikan.

"Diprediksi liburan Nataru kali ini adalah 12,6 persen dari tahun lalu. Kita prediksi dasarnya dari lalin new normal. New normal lalinnya mulai naik, dan juga orang lebih nyaman dan safety menggunakan kendaraan pribadi dari pandemi itu," ujar Dedy saat ditemui Okezone, Selasa (15/12/2020). 

Baca Juga: Natal dan Tahun Baru, Doni Monardo: Liburan yang Aman di Rumah Saja

Lebih lanjut, ia menyampaikan, puncak mudik Nataru diprediksi terjadi pada tanggal 24 sampai 27 Desember. Sedangkan, untuk puncak arus balik diperkirakan terjadi ditanggal 3 Januari tahun 2021.

"Nataru tahun kemarin puncak tertingginya 85 ribu kendaraan. Kalau sekarang puncak tertingginya itu 95 ribu kendaraan," ujarnya.

Adapun untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan selama masa mudik Nataru nanti, pihaknya akan mengoperasikan 30 gardu tol dan 15 mobile reader. Di tahun sebelumnya, kata dia, hanya ada sekitar 26 gardu tol yang dioperasikan.

"Kita siapkan 30 gardu operasional dan tambahan 15 mobile reader, sehingga transaksi bisa dilakukan secara mobile. Kita juga menambah personel di gerbang tol, supaya memperlancar rekayasa lalu lintas di gerbang tol," ucap dia.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini