Pengunjung Tembus 10.000 per Hari, Makam Gus Dur Belum Bisa Buka

Abdul Rochim, Koran SI · Kamis 07 Januari 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 519 2340424 pengunjung-tembus-10-000-per-hari-makam-gus-dur-belum-bisa-buka-OJ6DfGx7kw.jpg Makam Gusdur (Foto: Okezone)

JAKARTA - Keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) memutuskan untuk tetap menutup area Makam Gus Dur di Jombang, Jawa Timur hingga saat ini.

Langkah ini diambil karena jumlah pengunjung setiap harinya mencapai ribuan orang. Bahkan, pada akhir pekan bisa tembus 10.000 pengunjung sehingga dikhawatirkan berkerumunnya banyak orang menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Kepastian belum dibukanya Makam Gus Dur itu disampaikan purti sulungnya, Alissa Wahid, menjawab pertanyaan warganet yang menanyakan kapan area Makam Gus Dur dibuka untuk umum.

"Alaikumsalam. Mohon maaf, makam #GusDur masih belum dibuka, untuk hindari kerumunan. Maklum, kalau dibuka, per hari biasa smp 1.000-2.000 orang peziarah. Hari libur bisa 10.000," cuit @alissawahid, dikutip Kamis (7/1/2021).

Alissa pun mengajak masyarakat untuk mendoakan Gus Dur dari kediaman masing-masing. "Kita kirim doa dari rumah mawon, nggih. Nanti begitu dibuka, saya kabarkan via twitter," katanya.

Ilustrasi

Dia mengaku sedih dengan kondisi yang ada saat ini. Terutama nasib pedagang yang selama ini berjualan di area pemakaman Gus Dur yang mengandalkan datangnya para peziarah. "Iya ini yang sedih. Tapi ya ndak hanya di sana yang perlu kita sedihkan ya?" katanya.

Sebelumnya, pemilik akun @MursyidEfendi14 menanyakan kapan Makam Gus Dur kembali dibuka untuk peziarah. "Assalamu'alaikum Ning Alisa maaf mau tanya untuk makam Allah yarham Gus Dur untuk masa sekarang ini apakah boleh di ziarahi? saya mau ke sana tapi takutnya sudah sampe sana nanti Ndak di perbolehkan hehehe," cuitnya.

Sementara akun @DevanPamenang mencuit, "Kasihan para pedagang disana..penjualan sepi."

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini