Trump Dianggap Membahayakan Negara

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 14 Januari 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 18 2344116 trump-dianggap-membahayakan-negara-CwkK6qkjF7.jpg Foto: Shutterstock

WASHINGTONPresiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dianggap membahayakan negara akibat beberapa pernyataannya yang kontoversial dan tidak bertanggung jawab.

“Presiden Trump sangat membahayakan keamanan Amerika Serikat dan lembaga pemerintahannya, mengancam integritas sistem demokrasi, mengganggu transisi kekuasaan secara damai, dan membahayakan cabang pemerintahan yang setara,” tegas Kongres, dikutip BBC.

Seperti diketahui Kongres AS telah resmi memakzulkan Trump untuk kedua kalinya. Tuduhan pemakzulan ini bersifat politis, bukan pidana.

Kongres menuduh Presiden menghasut penyerbuan Capitol dengan pidatonya 6 Januari di sebuah rapat umum di luar Gedung Putih.

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Trump Dimakzulkan)

Dia mendesak para pendukungnya untuk secara damai dan patriotik agar membuat suara mereka didengar. Mereka juga diminta berjuang sekuat tenaga melawan pemilu yang dianggap Trump salah dan curang.

Setelah pernyataan yang “membakar semangat” itu, para pendukungnya masuk ke Capitol. Mereka memaksa anggota parlemen untuk menangguhkan sertifikasi hasil pemilu. Bentrokan pun tak dapat dihindari. Polisi langsung mengamankan gedung dan lima orang diketahui tewas.

(Baca juga: Pecah Rekor, Trump Dimakzulkan Dua Kali dalam Sejarah)

Pasal pemakzulan menyatakan Trump berulang kali mengeluarkan pernyataan palsu yang menyatakan hasil pemilihan presiden adalah penipuan dan tidak boleh diterima.

Dia selalu mengulangi klaim ini dan dengan sengaja membuat pernyataan kepada orang banyak yang mendorong mereka melakukan tindakan melanggar hukum di Capitol, yang mengarah pada kekerasan dan hilangnya nyawa.

Pekan lalu, 139 anggota Partai Republik menolak menerima hasil pemilu 2020 dan kekalahan Trump.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini