Sembuh dari Covid-19, Bupati Cirebon Donorkan Plasma Darahnya

Fathnur Rohman, Okezone · Senin 18 Januari 2021 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 525 2346654 sembuh-dari-covid-19-bupati-cirebon-donorkan-plasma-darahnya-znxkJeFPbs.jpg Bupati Cirebon, Imron Rosyadi. (Foto: Okezone.com/Fathnur)

CIREBON - Berhasil sembuh dari virus corona (Covid-19), Bupati Cirebon Imron Rosyadi mendonorkan plasma darahnya ke PMI Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/1/2021). Imron menjadi orang ke-89 yang mendonorkan plasma darahnya untuk pasien Covid-19 di Cirebon.

Imron menerangkan, proses donor plasma darah ini memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Menurutnya, donor plasma darah hampir mirip dengan donor darah biasa. Namun, ada sedikit perbedaan. Salah satunya seperti adanya alat khusus yang dipakai saat donor berlangsung. 

"Tadi waktunya kurang lebih 1 jam 15 menit. Saya baru tahu cara pengambilan donor plasma. Kalau donor biasa hanya diambil darahnya sudah selesai. Tapi kalau donor plasma itu diambil masuk ke mesin, dan seterusnya. Yang diambil plasmanya saja," kata Imron kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Bupati Cirebon

Dalam kegiatan donor itu, Imron mengaku sudah mendonorkan sebanyak 625 cc plasma darah. Ia melakukan donor ini karena plasma darah, bisa dipakai untuk terapi penyembuhan pasien Covid-19 kategori berat. 

Baca juga: Dibangun dalam 2 Minggu, Ini Sederet Fasilitas Lengkap RS Lapangan Kota Bogor

Imron berharap, plasma darah hasil donornya, bisa membantu pasien Covid-19 yang sedang membutuhkannya. Ia juga mengajak supaya para penyintas Covid-19, utamanya di Cirebon bisa mendonorkan plasma darahnya 

"Alhamdulillah, saya bisa mendonorkan sebanyak 625 cc," kata Imron.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviayana menjelaskan, kebutuhan plasma darah di Kabupaten Cirebon cukup tinggi. Bahkan stoknya selalu habis. Sebab, plasma darah yang diproduksi oleh PMI Kabupaten Cirebon, bukan hanya digunakan untuk pasien di Kabupaten Cirebon saja.  

Dia menambakan, hingga saat ini sebenarnya banyak penyintas Covid-19 yang mau mendonorkan plasma darahnya. Akan tetapi, tidak semuanya lolos kriteria. Ia mencontohkan,  dari empat orang calon pendonor, tiga di antaranya tidak memenuhi kriteria sebagai pendonor plasma darah. .

"Bagi penyintas Covid-19 yang sudah sembuh selama dua minggu, silakan melakukan donor plasma darah," ujar Heviyana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini