Pidato Perpisahan Joe Biden Penuh Air Mata

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 20 Januari 2021 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 18 2347409 pidato-perpisahaan-joe-biden-penuh-air-mata-QZ14m2e8VT.jpg Foto: Sky News

DELAWARE – Sama seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memberikan pidato perpisahan, Presiden AS terpilih Joe Biden juga melakukan hal yang sama.

Sebelum meninggalkan Delaware ke Washington DC, Biden berpidato di depan puluhan pendukungnya dengan penuh emosional dan air mata  di negara bagian saat dia menjadi senator selama beberapa dekade itu.

“Saat aku mati, Delaware akan tertulis di hatiku,” ungkapnya dengan suara gemetar, dikutip Sky News.

“Ini sangat pribadi bahwa perjalanan kita berikutnya ke Washington dimulai di sini, tempat yang mendefinisikan yang terbaik dari diri kita sebagai orang Amerika,” ujarnya.

(Baca juga: Pidato Perpisahan Donald Trump: "Gerakan Kita Baru Saja Dimulai")

Saat AS melampaui 400.000 kematian akibat virus Covid-19, Presiden terpilih itu juga megutarakan pendapatnya. “Ini adalah masa-masa gelap. Tapi selalu ada terang,” jelasnya.

Biden tiba di Pangkalan Angkatan Udara Andrews bersama istrinya Jill pada hari sebelum pelantikannya. Dia terbang ke Pangkalan Bersama Andrews dengan pesawat sewaan.

(Baca juga: Jelang Pelantikan Joe Biden, Warga Washington DC Terkurung di Rumah)

Ini berbeda dengan pendahulunya, yang tiba di pangkalan pada 2017 dengan pesawat pemerintah.

Biden akan bermalam di Blair House, wisma resmi presiden, sebelum dia dilantik saat makan siang pada hari Rabu (20/1) waktu setempat dan pindah ke Gedung Putih. (sst)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini