Usai di Rapid Antigen, Ratusan Karyawan Pemotongan Hewan Positif Covid-19

Priyo Setyawan, Koran SI · Jum'at 22 Januari 2021 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 510 2348855 usai-di-rapid-antigen-ratusan-karyawan-pemotongan-hewan-positif-covid-19-3lhMbS8HzP.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

SLEMAN - Ratusan karyawan rumah pemotongan hewan (RPA) di Sleman harus melakukan isolasi mandiri, setelah hasil rapid swab antigen dinyatakan positif Covid-19. Mereka melakukan rapid swan antigen, karena ada satu karyawan yang hasil rapid swab antigennya positif. Selain itu, selama beberapa hari RPA tersebut ditutup.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Joko Hastaryo mengatakan, ratusan karyawan RPA itu harus melalukan rapid swab antigen, berawal ada satu karyawan yang memilik gejala awal Covid-19, yakni deman dan kehilangan indera penciuman.

 Baca juga: Vaksinasi Covid 19 di RSAU dr Esnawan Antariksa Tidak Ada KIPI 

Untuk memastikan, karyawan itu melakukan rapid swab antigen mandiri, Jumat 15 Januari 2021 dan hasilnya positif. Setelah diketahui hasilnya positif, maka karyawan lain yang satu ruangan dengan dirinya, juga dilakukan rapid swab antigen, Sabtu 16 Januari 2021.

“Ada 60 orang yang satu ruang dengan karyawan yang itu, dirapid, swab antigen, hasilnya 34 orang positif,” kata Joko.

Baca juga:  Pakar Kesehatan: Vaksin Tak Membuat Anda Kebal Seketika dari Covid-19

Atas kondisi ini, pimpinan perusahaan RPA itu, mengharuskan seluruh karyawan dirapid swab antigen. Total karyawan di tempat itu ada 416 orang. Sehingga sisanya 356 orang mengikuti rapid antigen. Hasilnya 72 orang positif. Total semua karyawan yang antigennya positif ada 106 orang. Sebagai tidak lanjutnya, maka 106 orang itu harus isolasi serta swab PCR dan menutup RPA itu selama tiga hari.

“RPA itu ditutup. Namun apakah saat ini sudah beroperasi lagi belum ada laporan,” paparnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini