Rencanakan Teror, 14 Orang Ditangkap di Jerman dan Denmark

Agregasi VOA, · Sabtu 13 Februari 2021 02:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 18 2361236 rencanakan-teror-14-orang-ditangkap-di-jerman-dan-denmark-kWfRMOSC5f.jpg Polisi Denmark di kawasan Apotekerhaven, Holbaek, Denmark, 6 Februari 2021.

VOA - Jumlah orang yang ditangkap di Jerman dan Denmark atas dugaan merencanakan teror bertambah jadi 14 orang pada Jumat (12/2/2021). Jumlah itu bertambah dibandingkan sebelumnya sebanyak 8 orang.

Semua kecuali satu tersangka ditangkap di Denmark. Tiga dari mereka adalah warga negara Suriah, berusia 33, 36 dan 40 tahun, yang ditangkap akhir pekan lalu.

Pihak berwenang di Jerman dan Denmark pada awalnya, Kamis (10/2), mengumumkan delapan penangkapan, dan pada Jumat (11/2), enam orang lainnya ditahan, kata polisi.

Semua sidang penahanan di Denmark itu berlangsung di balik pintu tertutup ganda, yang berarti kasus tersebut diselimuti kerahasiaan dan hanya sedikit detail yang dipublikasikan. Dinas Keamanan dan Intelijen Denmark (PET) merencanakan konferensi pers pada hari Jumat.

Dinas tersebut mengatakan, Kamis (11/2), bahwa orang-orang yang ditangkap di Denmark dicurigai “telah memperoleh bahan dan komponen untuk pembuatan bom dan senjata, atau telah berpartisipasi dalam hal ini”.

Identitas orang dan kewarganegaraan orang-orang yang ditangkap tidak dipublikasikan.

Sebelumnya, otoritas Jerman telah mengumumkan tiga penangkapan pertama: dua di Denmark dan satu di Jerman. Mereka mengatakan para tersangka diduga telah membeli beberapa kilogram bahan kimia pada Januari yang dapat digunakan untuk membuat bom.

Penggeledahan terhadap sebuah tempat tinggal di kota Dessau-Rosslau, antara Naumburg dan Berlin, menemukan 10 kilogram bubuk hitam, dan sejumlah sekering, kata jaksa penuntut Jerman. Lebih banyak bahan kimia disita di Denmark.

Baca Juga : Peristiwa 10 Februari : Jerman-Spanyol Perang Lawan Uni Soviet

PET mengatakan mereka yang ditangkap di Denmark dicurigai “telah merencanakan satu atau lebih serangan teroris atau berpartisipasi dalam upaya terorisme”. PET tidak menyebutkan di mana serangan-serangan semacam itu akan terjadi.

Baca Juga : Kejam, Wanita Sekretaris Kamp Nazi Ini Dituduh Terlibat dalam 10.000 Pembunuhan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini