Suara dan Video Trump Dilarang di Facebook

Susi Susanti, Koran SI · Kamis 01 April 2021 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 18 2387778 suara-dan-video-trump-dilarang-di-facebook-EPuYOMYVSf.jpg Mantan Presiden AS Donald Trump (Foto: EPA)

NEW YORK - Facebook telah menghapus video mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dari akun menantunya, Lara Trump.

Lara Trump, kontributor baru Fox News, memposting video dirinya sedang mewawancarai Trump tentang berbagai masalah.

Lara, yang menikah dengan anak Trump, yakni Eric, memposting wawancara untuk acara online-nya sendiri The Right View di platform video Rumble dan menautkannya dari halaman Facebook-nya.

Dia kemudian memposting tangkapan layar email yang dia terima dari Facebook yang memperingatkannya tentang larangan tersebut.

"Sejalan dengan pemblokiran yang kami tempatkan di akun Facebook dan Instagram Donald Trump, konten lebih lanjut yang diposting dengan suara Donald Trump akan dihapus dan mengakibatkan pembatasan tambahan pada akun tersebut," tulis email dari "Katelyn".

(Baca juga: Diserang Virus Misterius, Beruang Jadi Sangat Ramah terhadap Manusia)

Diketahui, perusahaan media sosial (medsos) raksasai itu melarang Trump dari platformnya pada Januari lalu menyusul kerusuhan para pendukungnya di gedung Capitol di Washington.

Penangguhan akun Trump oleh Facebook pada 7 Januari lalu - sehari setelah kerusuhan Capitol - sedang ditinjau oleh Dewan Pengawas yang baru, yang dibentuk untuk memutuskan keputusan moderasi yang kontroversial.

"Kami percaya risiko mengizinkan Presiden untuk terus menggunakan layanan kami selama periode ini terlalu besar,” ungkap bos Facebook Mark Zuckerburg kala itu.

(Baca juga: Kebijakan Seragam dan Gaya Rambut Dianggap Rasis, Siswa Mogok Massal)

Trump juga dilarang di Twitter dan YouTube.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini