Share

Orang tua Ingin Menikah dengan Anak Sendiri, Tuntut Batalkan UU Larangan Inses

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 14 April 2021 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 18 2394659 orang-tua-ingin-menikah-dengan-anak-sendiri-tuntut-batalkan-uu-larangan-inses-jTBAABvd5Z.jpg Ilustrasi pernikahan (Foto: The New Savvy)

NEW YORK - Dua warga New York telah mengajukan gugatan hukum terhadap undang-undang (UU) tentang inses, dengan mengatakan hal itu tidak boleh ilegal karena ini adalah masalah "otonomi individu".

Pasangan itu - orang tua dan anak - telah meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka takut akan reaksi publik.

Mereka bilang mereka ingin hukum diubah sehingga mereka bisa menikah.

Dalam klaim hukum yang diajukan awal bulan ini, orang tua berpendapat "melalui ikatan pernikahan yang langgeng, dua orang, apa pun hubungan yang mungkin mereka miliki satu sama lain, dapat menemukan tingkat ekspresi, keintiman, dan spiritualitas yang lebih tinggi”.

Di surat kabar, pasangan itu menekankan jika mereka berdua adalah orang dewasa yang sah dan mereka "tidak dapat berkembang biak".

(Baca juga: Tabrakan Truk Semen dan Bus Tewaskan 20 Orang)

 Menurut dokumen pengadilan, mereka mengakui jika pernikahan inses adalah "tindakan yang oleh sebagian besar masyarakat dipandang menjijikkan secara moral, sosial dan biologis".

"Pasangan orang tua-dan-dewasa-anak yang prokreasi hampir atau secara harfiah tidak mungkin dapat bercita-cita untuk tujuan transenden pernikahan dan mencari pemenuhan dalam arti tertinggi,” tulis gugatan tersebut.

Dan orang tua mengklaim itu akan "mengurangi kemanusiaan mereka" jika mereka tidak dapat menikahi anak mereka.

Saat ini, inses adalah ilegal di bawah hukum negara bagian New York. Siapapun pelanggarnya akan dikenak hukuman hingga empat tahun penjara.

Namun, pada tahun 2014 pasangan New York yang merupakan paman dan keponakan berhasil melegalkan pernikahan mereka.

(Baca juga: Aktivis Wanita Ini Memaafkan Para Pria yang Memperkosa dan Membunuh Anggota Keluarganya)

Warga negara Vietnam Huyen Nguyen, 34, berhasil memperjuangkan persetujuan hukum atas pernikahannya dengan saudara tiri ibunya, Vu Truong, 38.

Bahkan keputusan itu menyatakan jika "pernikahan orang tua-anak dan saudara laki-laki ... didasarkan pada kengerian yang hampir universal".

Dalam hal ini, harapan akan hasil yang sukses sangat tipis.

"Ini tidak akan pernah berhasil,” terang pakar hukum Eric Wrubel kepada New York Post.

"Yang paling dekat Anda bisa datang adalah Woody Allen, dan itu bukan putrinya, itu adalah anak angkat yang tidak pernah dia adopsi dan itu masih membuat orang-orang tak percaya,” lanjutnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini