Diterjang Hujan Lahar, Pipa Jaringan Air Bersih di Lereng Merapi Putus

Priyo Setyawan, Koran SI · Rabu 14 April 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 510 2394787 diterjang-hujan-lahar-pipa-jaringan-air-bersih-di-lereng-merapi-putus-2dnsrDt5sJ.jpg Hujan lahar Merapi (Foto: Priyo S)

SLEMAN - Hujan lahar yang menguyur lereng Gunung Merapi wilayah Pakem, Selasa 13 April 2021 sore pukul 15.13 WIB telah memutus jalur pipa air besih di sungai Boyong yang melintasi dusun Kaliurang dan Boyong, Hargobinangung serta Ngepring, Purwobinangun, Pakem.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Makwan menjelaskan jalur pipa air bersih yang putus tersebut, masing-masing dua jalur di dusun Kaliurang dan Boyong serta satu jalur di Ngepring. Jalur pipa yang rusak tersebut sudah diperbaiki.

“Dari laporan dua jalur pipa sudah bisa diperbaiki sisanya masih dalam proses,” kata Makwan, Rabu (14/4/2021) sore.

Baca Juga:  Gunung Semeru Meletus, Warga Diminta Waspadai Banjir Lahar

Makwan menjelaskan dua jalur pipa yang sudah diperbaiki, satu di Ngepring dan satu di Boyong. 'Pipa menuju Ngepring juga dinaikan ke tebing lebih 3 meter dan satu jalur di Boyong sudah bisa dsambung lagi.

Makwan menambahkan, lahar hujan tersebut bukan hanya memutus jalur pipa air besih, namun juga bronjong pengamanan untuk penahan lahar hujan agar tidak menerjang pipa. Tercatat ada 25 set bronjong yang hilang terbawa banjir. Untuk perbaikan bronjong masih menunggu kajian teknis. Sebagai petimbangan apakah memungkinkan atau tidak bronjong dipasang kembali.

Baca Juga: Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas 3 Kali hingga 1,8 Km

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini