Ridwan Kamil Pamer Pabrik Daur Ulang Satu-satunya di Indonesia

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Rabu 21 April 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 525 2398439 ridwan-kamil-pamer-pabrik-daur-ulang-satu-satunya-di-indonesia-XGt7FPVt8w.jpg foto: ist

PADALARANG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memamerkan satu-satunya pabrik daur ulang plastik di Indonesia yang berada di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

(Baca juga: Pidato Anies saat Dialog Pimpinan Forum C40 Cities PBB Ternyata di Cirebon)

Melalui akun instagramnya, Kang Emil mengatakan, pabrik ini mengubah limbah plastik sisa botol minuman menjadi barang baru.

"60 TON SAMPAH BOTOL PLASTIK kiriman dari Pulau Bali setiap minggu dikirim ke Jawa Barat untuk diolah oleh teknologi canggih di Padalarang untuk kembali menjadi botol air mineral," seperti ditulis @ridwankamil dikutip, Rabu 921/4/2021).

(Baca juga: Operasi Senyap Kopassus Jalan Kaki Ratusan Km saat Puasa di Rimba Kalimantan)

Pada sejumlah slide poto Kang Emil memperlihatkan beberapa lembar foto kegiatan dirinya kesana. Segala proses daur ulang hingga menjadi barang jadi di rangkum dalam sejumlah slide.

"Teknologi canggih ini dimiliki oleh Namasindo Plas yang berlokasi di Padalarang. Satu-satunya fasilitas di Indonesia mengubah PET plastik dengan 5 tahap untuk kembali menjadi kemasan botol plastik siap pakai," terangnya.

Di akhir captionnya, Kang Emil mengajak masyarakat untuk berbudayakan pilah dan kumpulkan sampah plastik. Lalu mengirimkannya ke pabrik Namasindo Plas ini, melalui beragam sistem koleksi sampah.

"Salah satunya adalah Apps @octopus.ina yang dimotori oleh babang tampan @hamishdw," terangnya.

Dia menjelaskan, bila circular economy merupakan istilahnya untuk produk yang dipakai konsumen, jadi sampah, dikumpulkan, dan didaur ulang oleh teknologi canggih menjadi produk yang sama persis. Dan kemudian dipakai lagi oleh konsumen. Jadi berputar tidak nyampahi lautan.

"Pelestari atau pengumpul sampah botol plastik ini ada yang penghasilannya 5-10 juta sebulan. Tertarik?," tanyanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini